Dewan Minta Guru Maling Dipecat

PRAYA-Kasus Retinah SPd ternyata memancing emosi sejumlah kalangan di Lombok Tengah.

Salah satunya Komisi IV DPRD Lombok Tengah, bahwa mereka mengaku geram denan aksi Retinah. Oknum guru honorer ini dinilai telah menciderai dunia pendidikan di Lombok Tengah. Sebab, tindakannya mencuri motor turis Australia, di luar prilaku sebagai seorang pendidik. “Apapun alasanya, guru tersebut harus dipecat karena ini sudah mempermalukan dan mencoreng nama baik pendidikan yang ada di Lombok Tengah,” kesal Ketua Komisi IV DPRD Lombok Tengah, Lalu Muhiban di ruanganya, kemarin (24/10).

Ditambahkan politisi Partai Gerindra ini, tidak ada alasan untuk tidak mengusut oknum guru tersebut agar ditindak tegas. Hal ini mengingat profesi seorang guru adalah mengajarkan anak didiknya untuk berperilaku baik. Bukan sebaliknya melakukan tindak pidana kriminal. “Guru kok mencuri. Kalaupun dia tidak sejahtera jadi guru honor,  jangan mencuri dijadikan pembenaran,” sesalnya.

Anggota Komisi IV Jayanti Umar menilai, kasus yang membelit oknum guru ini harus menjadi pembelajar bersama. Bahwa seharusnya, pemerintah memperjuangkan kesejahteraan nasib guru honorer, baik negeri maupun swasta. Secara sosial, mereka adalah manusia biasa yang membutuhkan penghasilan layak untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. “Mungkin karena pendapatanya terlalu sedikit, sehingga dia terpaksa melakukan hal tersebut. Pemda juga harus memperhatikan nasib guru honorer, sehingga dengan gaji yang sedikit tidak berdampak ke prilaku negatif,” ungkapnya.

Dijelaskan juga, bahwa dewan sendiri sudah merekomendasikan untuk bagaimana pemerintah daerah memperhatikan nasib guru honorer. ‘’Karena terkadang menjadi guru pendapatanya tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan,’’ pungkasnya.

Diwartakan koran ini sebelumnya, Retinah SPd, 29 tahun, warga Dusun Ujung Desa Kuta Kecamatan Pujut, ditangkap karena diduga sebagai maling motor atas korban Michel Jefrey Fhiups, turis asal Australia yang sedang berlibur di wisata Kuta. Retinah diketahui sebagai salah satu guru honorer di sebuah sekolah di Kecamatan Pujut. Dia disebut mencuri motor milik Jefrey ketika makan malam di Fredies Café, sekitar pukul 22.00 Wita, Kamis malam (20/10). (cr-met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid