Dewan Kota Mataram Minta Passing Grade Tes CPNS Diturunkan

Passing Grade Tes CPNS
ANTRI: Peserta CPNS Kota Mataram sedang antri sebelum memasuki ruang tes. (Ali/Radar Lombok)

MATARAM — Nilai passing grade peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kota Mataram cukup menggembirakan. Namun demikian, banyak kalangan yang menilai passing grade tersebut terlampau tinggi.

‘’Bisa kita usulkan agar standar passing grade diturunkan. Tapi nanti kita lihat hasil akhirnya seperti apa. Semoga terpenuhi seluruh formasinya,’’ ujar Ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi, Jumat (9/11).

BACA JUGA: Kuota CPNS di Lotim Berpeluang Kosong

Ia berharap formasi Kota Mataram bisa terpenuhi. Karena kebutuhan akan ASN di Kota Mataram saat ini cukup banyak terutama untuk formasi tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.  

Masyarakat juga diminta mengikuti proses pelaksanaan tes CPNS. Ini penting agar masyarakat bisa mengetahui dan mempersiapkan diri di tahun berikutnya.

‘’Jadi mereka bisa beradaptasi dengan model tes yang diterapkan saat ini,’’ imbuhnya.

Sebelumnya, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh usai meninjau pelaksanaan tes CPNS, Kamis lalu (8/11) mengatakan, total pelamar CPNS yang lulus seleksi administrasi sebanyak 6.777 orang. Mereka akan memperebutkan 262 formasi yang disediakan.

Hasil pantaunnya, nilai passing grade yang ditentukan pemerintah pusat cukup tinggi. Meski demikian, ia berharap formasi yang tersedia untuk Kota Mataram bisa terpenuhi.

‘’Mudah-mudahan itu bisa terpenuhi. Jangan sampai itu tidak terpenuhi,’’ katanya.

BACA JUGA: Banyak Peserta Tes CPNS tak Penuhi Passing Grade

Ia mengaku akan terus mengikuti perkembangan CPNS Kota Mataram. Ia juga berharap situasi dibeberapa daerah lainnya di NTB tidak terjadi di Kota Mataram. Seperti minimnya peserta yang memenuhi nilai passing grade.

Jika pun nanti hasilnya tidak seperti yang diharapkan, lanjutnya, Pemkot Mataram akan bersurat kepada pemerintah pusat. Tujuannya agar passing grade bisa diturunkan. ‘’Tapi itu sepenuhnya kebijakan dari pemerintah pusat. Tapi kami akan lakukan itu untuk memenuhi kebutuhan tenaga ASN di Kota Mataram. Saya lihat semua berjalan tertib dan lancar. Tapi memang ada beberapa yang tidak hadir. Yang tidak hadir itu dinyatakan langsung gugur,’’ pungkasnya.(gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut