Dewan Juri Pastikan Penilaian Secara Profesional

Dikbud NTB Tunjuk Tiga Juri Menilai Lomba Artikel Ilmiah Guru

RAPAT JURI : Kepala Dinas Dikbud NTB Dr H Aidy Furqan saat memimpin rapat bersama dewan juri Lomba Artikel Ilmiah Populer Tingkat Provinsi NTB untuk guru se-NTB, Rabu (21/4). (IST/ RADAR LOMBOK)

MATARAM – Lomba artikel ilmiah populer kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB bersama Koran Harian Umum Radar Lombok mulai memasuki penjurian. Panitia Lomba Artikel Ilmiah Populer dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2021 melibatkan tiga orang dewan juri berpengalaman dan profesional.

“Kita melibatkan tiga juri untuk menilai artikel ilmiah populer yang dikirim oleh ratusan guru se NTB,” kata Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr H Aidy Furqan saat memaparkan kriteria penilaian lomba artikel ilmiah populer di hadapan dewan juri, Rabu (21/4).

Dinas Dikbud NTB menunjuk tiga orang dewan juri untuk menilai hasil karya artikel ratusan guru di NTB, yakni Dr Sudirman, M.Pd merupakan dosen dari FKIP Unram, Drs Akh Hidayat, M.Pd dari Pengawas Pendidikan Dinas Dikbud NTB dan H Tony Edi Wibowo yang merupakan redaktur senior Radar Lombok. Ketiga dewan juri yang sudah berpengalaman tersebut akan menilai ratusan artikel guru yang sudah masuk di panitia Sejak awal Februari hingga 15April 2021.

Dalam pertemuan tersebut, dewan juri bersama Kepala Dinas Dikbud NTB Dr H Aidy Furqan dan Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Dikbud NTB Jaka Wahyana, menyamakan persepsi ketentuan dalam penilaian. Mulai dari unsur apa saja yang dinilai, hingga bobot penilaian diberikan untuk setiap artikel guru yang masuk ke panitia dengan berbagai kategori.

BACA JUGA :  Sistem Zonasi PPDB Bisa Dikombinasikan Nilai Unas

Proses penilaian akan dilaksanakan oleh dewan juri sekitar 4 hari untuk mendapatkan 10 besar hasil karya terbaik. Selanjutnya, 10 hasil karya artikel guru terbaik tersebut akan diuji dengan cara menghadirkannya kemudian diberikan kesempatan untuk presentasi dihadapan tiga dewan juri dan hadir langsung nantinya Kepala Dinas Dikbud NTB H Aidy Furqan untuk memberikan penilaian khusus.

Selanjutnya, 10 orang guru yang karya artikelnya terbaik akan dipilih langsung untuk menjadi juara 1, 2, 3 dan harapan 1 dan 2. Karena akan diambil lima juara, dari 10 orang guru yang hadir untuk presentasi langsung di hadapan dewan juri.

“Rencananya nanti penyerahan anugerah bagi juara lomba artikel ilmiah populer ini kita adakan Minggu malam (2/5) di halaman Dinas Dikbud NTB bersama penganugerahan lomba lainnya,” terang Aidy.

Lomba penulisan artikel ilmiah populer tinggat Provinsi NTB yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB bekerja sama dengan Radar Lombok dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2021 disambut antusis oleh guru di semua jenjang pendidikan. Lomba artikel ilmiah populer ini terbuka untuk guru di semua jenjang pendidikan, baik negeri maupun swasta termasuk madrasah. Mulai dari jenjang TK/RA, hingga SMA/MA dan SMK serta SLB negeri dan swasta di NTB.

BACA JUGA :  Program Sekolah Lima Hari Didominasi Sekolah Swasta

Tim Panitia Lomba Artikel Ilmiah Populer Tingkar Provinsi NTB, Lukman Hakim mengaku tidak menyangka antusiasi guru di NTB mengikuti lomba penulisan artikel ilmiah populer cukup tinggi. Terbukti jumlah artikel yang diterima redaksi Radar Lombok mencapai ratusan.

“Pengiriman artikel dimulai 15 Maret hingga 15 April dan jumlah guru yang ikut dalam lombha ini luar biasa banyaknya,” beber Lukman Hakim.

Lomba penulisan artikel ilmiah populer tingkat Provinsi NTB tahun 2021 ini merupakan lomba yang kedua kali dilaksanakan kerja sama Dikbud NTB dan Koran Harian Umum Radar Lombok pada tahun 2016 silam dengan jumlah peserta juga hingga ratusan artikel. Adapun pengriman artikel lomba diterima oleh panitia, melalui email dan juga hard copy ditujukan ke kantor Radar Lombok.

“Cukup banyak juga peserta yang mengirimkan berkasnya. Setelah kita rekap semuanya sampai Jumat sore sudah 192 peserta,” sebutnya. (adi)