Dewan Hakim Wajib Profesional

GIRI MENANG – Hari kedua, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional bidang Hifzil Alqur'an golongan 1 juz dan tilawah serta golongan 5 juz dan tilawah digelar di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat berlangsung lancar  Senin kemarin (1/8).

 Ketua Dewan MTQ Nasional  Prof Dr H Said Agil Husin Al-Munawar meminta  kepada seluruh dewan hakam MTQ harus profesional dalam memberikan penilaian.  Dijelaskan, keprofesionalan seorang dewan hakim yakni harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya  secara jujur, netral, tanggungjawab, cermat, objektif dan juga disertai dengan hati nurani  yang amanah dalam syiar memuliakan Alqur'an. “Semua berjalan lancar, tidak kendala apapun  baik pagi, siang, sore dan malam hari,” kata  mantan menteri Agama di Era Presiden Megawati ini.

Di Bencingah Agung sendiri dilaksanakan mata lomba bidang Hifzil Quran.  Dirincikan, peserta keseluruhannya untuk golongan I juz sebanyak 68 orang terdiri dari 34 orang laki-laki dan 34 orang perempuan. Sedangkan golongan 5 juz sebanyak 68 orang terdiri dari 34 laki dan 34 perempuan. “Jadi, total keseluruhan 136 orang. Masing-masing provinsi mengutus dua orang antara laki dan perempuan. Dengan dewan hakam sebanyak 10 orang,” ujar Pembantu Koordinator I Juz dan Tilawah Drs H Saparudin.

Setiap peserta akan diberikan waktu selama 7 menit untuk tilawah dan tahfidznya 15 menit, sementara jumlah pertanyaannya ada empat. Terkait bel, dua kali bunyi tanda mulai, satu kali bunyi pertanda salah, bel 3 kali tanda perpindahan soal  dan bel 4 kali pertanda berakhir. “Kalau dewan hakam pencet bel hingga tiga kali untuk teguran berturut, baru selanjutnya dibimbing untuk membaca. kalaupun tidak hafal digugurkan pertanyaannya, kemudian langsung pindah soal,” paparnya.

Terkait teknis penilain ada di dewan hakam  adapun yang dinilai yakni bidang tajwid, suara dan lagu, fasih, dan hafalannya. Ini termasuk babak penyisihan, akan dinilai tertinggi itu akan masuk penilaian. Finalx nanti akan berlangsung jumat. “Yang masuk final yakni 3 tahidz dan 3 hafizah. Selama pelaksanaan dijamin berjalan lancar,” pungkasnya.(flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid