Dewan Desak Kades Ajukan Status Jalan

Inilah masyarakat Kelurahan Gerantung Kecamatan Praya Tengah Loteng, beberapa waktu lalu saat meminta agar jalan Gerantung Bual segera diperbaiki (Dok/radar Lombok)

PRAYA-Ketua Komisi III DPRD Lombok Tengah, Muhammad Humaidi meminta kepada semua kepala desa dan lurah segera mengajukan permohonan kepada Badan Pemberdayaan Mayarakat Desa (BPMD), Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (PUESDM) dan Komisi III DPRD Lombok Tengah, terkait status jalan di desa dan kelurahan masing-masing.

Pasalnya, sejumlah desa dan kelurahan yang belum tersentuh perbaikan atau hotmix jalan, salah satu jalan untuk bisa dianggarkan statusnya harus ditingkatkan. Misalnya saja jalan desa menjadi jalan kabupaten dan seterusnya. Dari pengajuan status jalan tersebut, nantinya akan diajukan pada bulan Juni tahun 2017 mendatang, agar bisa masuk dalam perbaikan. “Peningkatan status jalan, sesuai aturan itu berlaku satu kali lima tahun, makanya mumpung masih ada kesempatan, saya minta segera diajukan sebelum terlambat,” sarannya.

Jika sudah diajukan lanjutnya, ini akan menjadi dasar untuk mencarikan anggaran, apakah itu akan dicarikan melalui, anggaran yang ada di kabupaten, provinsi dan pusat. Dikatakan, dalam pengajuan ini tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya saja jalan tersebut menghubungkan satu desa dengan desa yang lain. Jalan tersebut bisa dilalui untuk kebutuhan peningkatan prekonomian masyarakat dan beberapa persyaratan lainnya.

Sedangkan terkait permintaan masyarakat Kelurahan Gerantung Kecamatan Praya Tengah Loteng, beberapa waktu lalu yang menuntut jalan Kelurahan Gerantung Bual, yang panjangnya kurang lebih 2 Kilo, untuk diperbaiki. Pihaknya sudah menyarankan untuk segera melengkapi persyaratan, termasuk jalan menjadi jalan Kabupaten. “Yang jelas, target pemerintah jalan jalan yang bersetatus kabupaten di Loteng, semuanya harus di hotmix, makanya kita sarankan semua kades dan lurah melengkapi berkas,” imbuhnya. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid