Deteksi Dini Penyakit Ginjal Kronik

Oleh : dr. Kadek Dwi Pramana, MBiomed SpPD

Ilustrasi Ginjal
Ilustrasi Ginjal

RADAR LOMBOK – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh kita yang terpenting. Manusia memiliki 2 ginjal yang terletak di daerah pinggang bagian belakang sebelah kiri dan kanan. Bentuknya mirip seperti buah jambu mente dengan berat masing-masing 150 gram. Ginjal menyalurkan air kencing melalui saluran kencing dan ditampung dalam kandung kencing sebelum dibuang ke luar tubuh.

BACA JUGA : Sstttt…, Ini Dia 15 Ciri-ciri Wanita Bergairah Tinggi

Meskipun ukurannya kecil, ginjal mempunyai peran yang sangat besar untuk mempertahankan keseimbangan internal tubuh dengan membersihkan darah dan menghasilkan hormon/enzim. Sebagai organ pembersih darah, ginjal berfungsi mengeluarkan sisa-sisa metabolisme tubuh melalui saluran kencing.

Selain itu ginjal juga berfungsi menghasilkan hormon eritropoetin (hormon pembentuk darah), calcitriol (hormon yang berperan pada metabolisme tulang) dan enzim renin (berfungsi mengatur tekanan darah).

 

dr. Kadek Dwi Pramana, MBiomed SpPD
dr. Kadek Dwi Pramana, MBiomed SpPD

Penyakit ginjal kronik (PGK) adalah suatu kondisi di mana terjadi penurunan fungsi ginjal disertai atau tanpa gangguan struktur serta terjadinya dalam waktu 3 bulan atau lebih. Karakteristik PGK adalah kronik/menahun dan bertambah parah dari waktu ke waktu. PGK dibagi menjadi 5 stadium menurut tingkat keparahannya.

Tingkat keparahan ini didasarkan atas penurunan fungsi ginjal dan ada tidaknya gangguan struktur ginjal melalui pemeriksaan laboratorium dan radiologi. Penurunan fungsi ginjal adalah penurunan jumlah darah yang dapat dibersihkan oleh ginjal permenit.

1
2
3
4
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut