Desa Wisata Jerowaru Binaan PLN NTB Raih Penghargaan Kemenparekraf

PENGHARGAAN: Desa Wisata Jerowaru, salah satu desa binaan PLN UIW NTB, melalui program PLN Peduli, dinobatkan sebagai peraih Local Champions Terbaik pada malam Program Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0.

MATARAM–Desa Wisata Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), berhasil menyabet penghargaan nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), Minggu (26/11) lalu.

Desa Wisata Jerowaru yang menjadi desa binaan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB, melalui program PLN Peduli ini dinobatkan menjadi peraih Local Champions Terbaik pada malam Program Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas kontribusi luar biasa dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Diketahui, Desa Wisata Jerowaru berhasil menembus 10 besar dari 65 desa se-Indonesia hingga akhirnya berhasil meraih satu dari lima kategori yang dilombakan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bale Mangrove Desa Jerowaru, Lukmanul Hakim yang menerima langsung penghargaan tersebut mengungkapkan kegembiraannya. Dikatakannya, dalam acara ini terdapat 5 kategori penghargaan yaitu kategori local champion terbaik, kepala desa terbaik, desiminasi sadar wisata terbaik, inovasi dan pemasaran produk terbaik, dan kelembagaan terbaik.

Baca Juga :  Promo Ramadan, PLN Beri Diskon Tambah Daya Hingga 5.500 VA Hanya Rp 200 Ribu

“Alhamdulillah,  kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama kepada Pemerintah Desa Jerowaru, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, DKP Lombok Timur, DKP Provinsi NTB, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan secara khusus kepada PLN melalui program PLN Peduli yang telah mensupport Desa Wisata Jerowaru, khususnya Ekowisata Bale Mangrove,” katanya.

Lukman menambahkan bahwa kategori Local Champion Terbaik merupakan penghargaan kepada individu yang dinilai sebagai penggerak utama yang memiliki peran dalam pengembangan kawasan wisata.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Pokdarwis Bale Mangrove Desa Jerowaru Lombok Timur. Menurutnya, pencapaian ini tak lepas dari kolaborasi dan sinergi yang terjalin dengan sangat baik.

“Program Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 merupakan salah satu program dari Kemenparekraf RI yang menekankan nilai kualitas SDM dan bagaimana cara dalam mengembangkan SDM yang desa tersebut” kata Djarwo.

Baca Juga :  Pengelolaan Layanan Semakin Baik, Penjualan Listrik Tumbuh 8,69 Persen

Ia juga mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh Pokdarwis Bale Mangrove. Berkat kolaborasi dan sinergi yang baik, Desa Jerowaru terpilih menjadi salah satu penerima anugerah Desa Wisata rintisan terbaik di Indonesia melalui Program KSW 5.0. Djarwo berharap capaian yang diraih ini dapat menjadi pemicu pengembangan potensi pariwisata serta pengembangan potensi sektor lainnya.

“Selamat kepada Pokdarwis Bale Mangrove Desa Wisata Jerowaru. Terus berkarya dan berinovasi. Semoga kita bisa maksimalkan pemberdayaan kawasan wisata dengan mengintegrasikan berbagai sumber daya agar menjadi nilai tambah bagi pengembangan desa wisata ini. Mari datang ke Desa Wisata Jerowaru dan dukung pengembangan wisata lokal untuk mendunia” pungkas Djarwo. (rl)

Komentar Anda