Desa Sesaot Lolos 100 Besar Anugerah Desa Wisata 2021

PUREKMAS SESAOT: Salah satu destinasi wisata Desa Sesaot, yakni Purekmas. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Desa Sesaot Kecamatan Narmada menjadi satu dari tiga desa di Lombok Barat yang lolos ke 100 besar ajang penilaian Anugerah Desa Wisata Tahun 2021. Sebelumnya ada tiga desa wisata Lombok Barat yang lolos 300 besar yakni Desa Sesaot Kecamatan Narmada, Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar dan Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar

ADWI diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Terkait dengan capaian ini, Kepala Desa Sesaot, Yuni Hariseni, menyatakan sangat bersyukur desanya masuk nominasi, meski baru tahap 100 besar. “Alhamdulillah kita masuk 100 besar. Penilaian ini langsung dari kementerian,” katanya kemarin.

Proses awalnya, pihak desa mendaftar melalui situs yang disiapkan Kemenparekraf. Untuk mencapai 300 besar, desa butuh sejumlah kategori yang harus dilengkapi. Selain itu data pendukung yang lain juga dibutuhkn sebagai optimalisasi penilaian seperti dokumen SK Bupati tentang desa wisata, potensi desa, video wisata desa dan lain-lain.

BACA JUGA :  Lamban Tangani Aset yang Dikuasai STIE-AMM, Pemkab Lobar Ditegur KPK

Dalam ADWI ini desa Sesaot mengirim profil wisata Sesaot. Diantaranya Pusat Rekreasi Masyarakat (Purekmas).” Purekmas Desa Sesaot sudah melakukan penerapan CHSE untuk meningkatkan keamanan dan rasa nyaman wisatawan,” jelasnya.

Tentunya di Purekmas menerapkan protokol kesehatan (wajib penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), penerapan pengecekan suhu tubuh bagi pengunjung wisata, menyediakan wadah cuci tangan. Sesaot juga pernah meraih juara satu Lomba Kampung Sehat tingkat kecamatan dan juara tiga Kampung Sehat tingkat Kabupaten Lombok Barat.

Selain itu juga ada potensi pendukung lainnya seperti ketersediaan homestay,  fasilitas publik yang memadai seperti toilet, dan ketersediaan barang kerajinan atau souvenir,  serta wisata alam yang ada di Desa Sesaot dan area camping ground. Agar bisa terus bertahan hingga masuk 10 besar nanti,  pihaknya akan terus berusaha bebenah.” Tentunya kita berupaya untuk berbenah baik secara kelengkapan administrasi, dokumen dan yang di lapangan tentunya dengan potensi yang Desa Sesaot miliki,” tegasnya.

BACA JUGA :  Warga Dukung Penuh Pemkab Selamatkan Aset STIE-AMM

Camat Narmada, M. Busyairi, memberikan apresiasi atas terpilihnya Desa Sesaot di tahap 100 besar. Ia berharap kedepan Sesaot bisa masuk 10 besar.”Target tentu masuk 10 besar dan menjadi yang terbaik,” katanya.

Pihaknya berharap Sesaot menjadi destinasi wisata yang unggul, dan menerapkan Prokes selama pandemi, serta selalu menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat setempat. (ami)