Desa Seriwe Dapat Bantuan Air Bersih

AIR BERSIH: Dinas Sosial NTB tengah membagikan air bersih di Desa Seriwe (Janwari Irwan/ Radar Lombok)

SELONG – Kekeringan dan kekurangan air bersih yang dialami sejumlah desa di Kecamatan Jerowaru Lombok Timur membuat Dinas Sosial turun tangan. Dinas ini  memberikan bantuan berupa air bersih.

Desa Seriwe merupakan Desa yang berada paling ujung selatan yang berdekatan dengan Pantai Kaliantan. Masyarakat di desa ini tak jarang harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan air bersih lantaran kekurangan stok air bersih.

Kepala Dinas Sosial NTB, Abdul Khalik mengatakan, kegiatan pembagian air bersih yang dilakukan pihaknya dalam rangka menindaklanjuti permintaan-permintaan yang sudah masuk. Kegiatan ini juga bertujuan membantu masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih.

“Jadi apa yang menjadi hak masyarakat yang harus dipenuhi kita harus penuhi. Ketika masyarakat membutuhkan air pemerintah provinsi harus memberikan air bersih,” ungkapnya, Kamis (13/10).

Pembagian air bersih oleh Dinas Sosial NTB, jelasnya, dilakukan secara bertahap dan bergilir. Untuk tahap berikutnya dipastikan akan menjatah desa lain yang membutuhkan.

Dalam pembagian air bersih itu, sambungnya, jumlah air yang diberikan sebanyak 5 tangki. Masing-masing tangki berisi 5000 liter yang dibagi ke semua masyarakat Desa Seriwe.

Agar kasus serupa tidak terulang menjadi persoalan rutin, ujarnya, pihaknya tengah memikirkan cara jangka panjang. Pihaknya pun kini tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang bisa mengatasi persoalan tersebut.

Sejauh ini, permintaan air bersih kepada pihaknya terbanyak dating dari Lombok Timur. Permintaan ini tersebar di sejumlah desa di kabupaten tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Seriwe, Abdul Hamid, sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Dinasi Sosial. Pasalnya, masyarakat Seriwe yang mayoritas sebagai nelayan dan hidup di pesisir sangat membutuhkan bantuan tersebut.  (cr-wan).

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid