Desa Pesanggrahan Kembangkan Kampung Wisata

H. Badrun (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG–Banyaknya potensi wisata yang ada di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Pemerintah Desa (Pemdes) setempat berencana membangun Kampung Wisata, dengan harapan dapat menggaet para wisatawan untuk berkunjung.

Kepala Desa Pesanggrahan, H. Badrun mengatakan, pembangunan Kampung Wisata ini rencananya akan diresmikan pada taggal 12 April 2017 mendatang. Dimana Kampung Wisata ini merupakan langkah untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa Pesanggrahan, sehingga dapat menambah keuangan desa jika berkembang.

[postingan number=3 tag=”lotim”]

“Desa kami ini ada cagar budaya bernama “Penjenengan”, dan beberapa potensi lainnya yang tidak kalah menarik dengan potensi wisata yang ada di Desa Tete Batu. Sehingga kami termotivasi untuk mengembangkannya,” jelas Kades kepada Radar Lombok, Rabu (5/4).

Disampaikan, melihat perkembangan Desa Wisata seperti Tete Batu yang semakin berkembang, tentu pihaknya juga menginginkan hal yang sama didesanya. Terlebih setelah mendapat dukung dari para pemuda desanya, yang juga ingin berpartisipasi. “Jadi nantinya Kampung Wisata ini akan dikelola oleh anak-anak muda, yang akan kita berdayakan,” jelas Kades.

Selain itu, beberapa hari lalu Desa Pesanggrahan juga pernah menggelar Festival Kekayaan Pesanggrahan, dimana beragam potensi yang sudah lama terpendam, kembali dikeluarkan. Seperti aneka makanan khas desa, termasuk kerajinan yang dikembangkan masyarakat juga ikut dipamerkan. Tujuannya, agar seluruh masyarakat Desa Pesanggrahan mengetahui langsung apa saja potensi yang ada didesanya, sehingga nantinya juga akan ikut mengembangkan.

Untuk mengembangkan berbagai potensi itu, Pemdes Pesanggrahan sendiri tahu8n 2017 ini telah menganggarkan sebesar Rp 15 juta di bidang pemberdayaan, terutama  produk-produk yang akan dikembangkan oleh masyarakat. “Alhamdulillah, saat ini sudah mulai berjalan. Meskipun hasilnya belum seberapa, asalkan bisa membantu kebutuhan para ibu rumah tangga,” ujar Kades bangga. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid