Desa Malaka Juga Dapat Bantuan Home Stay

PELETAKAN BATU PERTAMA: Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu saat peletakan batu pertama bantuan home stay dari Kemendes PDTT di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang.

TANJUNG–Sebelumnya, Desa Senaru, Kecamatan Bayan mendapat perhatian khusus dalam pengembangan dan pembenahan fasilitas wisata berupa pembangunan home stay dari pemerintah pusat. Kali ini giliran Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, tepatnya di Dusun Kecinan, mendapatkan anggaran senilai Rp 300 juta itu dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk pembangunan home stay.

Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu saat menghadiri pembangunan home stay di kawasan tersebut menyampaikan bahwa Desa Malaka yang terkenal dengan wisata pesisirnya, menjadi atensi pemerintah pusat untuk didukung sarana prasarananya. Dengan harapan keberadaannya menjadi salah satu tujuan wisata, sehingga dapat menopang perekonomian masyarakat sekitar.

BACA JUGA :  Penghargaan Serba Delapan Warnai HUT KLU Ke-VIII

Adapun home stay yang dibangun ini akan dikelola oleh masyarakat setempat melalui pokdarwis, yang nantinya menjadi salah satu harapan untuk menggerakkan roda ekonomi. “Kita hadir melakukan peletakan batu pertama pembangunan home stay yang dibantu oleh kementerian. Harapan ke depan, semoga ini dapat terkelola dengan baik, dan menjadi penopang perekonomian masyarakat desa,” tuturnya, Kamis (22/7).

Ia juga menambahkan dengan dibangunnya home stay tersebut. Pemerintah desa dapat berperan aktif dalam manajemen pengelolaannya, karena nanti aset tersebut akan menjadi tanggung jawab desa. Keberadaanya juga diharapkan dapat menopang sektor pariwisata yang ada. Sehingga destinasi wisata di lokasi tersebut dapat memberikan kenyamanan para pengunjung.

BACA JUGA :  Tak Pakai Helm, Tabrakan Dua Pengendara Motor di Tanjung Berakibat Fatal

Ditambahkan, Lombok Utara terkenal dengan destinasi wisata pantai yang indah, terutama dengan adanya Gili Trawangan, Meno, dan Air. Kendati begitu, wisata daratan tidak kalah. Sehingga dalam hal ini wisata daratan perlu menunjukkan diri. “Saya ingin desa ini berkembang bagus. Dengan adanya bantuan dari Kemendes untuk home stay ini adalah bagian dari ikhtiar pemerintah kita bagaimana menyiapkan desa itu ke depan, dalam rangka menghidupi dirinya, dan menghidupi desanya,” lanjut Bupati.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada pengusaha yang berkenan menghibahkan tanahnya untuk pembangunan dan pengembangan wisata di tempat ini,” tutupnya. (rie)