Desa Embung Raja Terapkan SID

H Hajar Ibrahim (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG – Desa Embung Raja Kecamatan Terara Lombok Timur membuat aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang bisa diakses oleh  masyarakat.

Kepala Desa Embung Raja H  Hajar Ibrahim mengatakan pembuatan aplikasi SID ini  bekerja sama dengan masyarakat. Hal ini sebagai bentuk transparansi pemerintah desa dalam penyelenggaraan pembangunan. Masyarakat bisa mengetahui program serta realisasi pembangunan di desa ini.  Profil desa juga akan ditampilkan, seperti berapa jumlah balita, jumlah masyarakat yang kurang mampu, hingga data lainnya. “Hal ini juga  sesuai dengan pemintaan pemerintah yang menyarankan semua desa agar  transparan dalam mengelola  program dan anggaran.”ungkapnya  Rabu kemarin  (25/1).

[postingan number=3 tag=”lotim”]

Di Kabupaten Lombok Timur sendiri ada dua kecamatan yang dipilih pemerintah    menjalankan program SID, yaitu kecamatan Terara dan kecamatan Aikmel.”Yang ada di dua kecamatan masing masing 5 desa yang ikut menjalankan program ini,”jelasnya.

Sebagai desa baru yang terbentuk 5 tahun lalu, Embung Raja tengah fokus melakukan pembangunan. Geliat pembangunan inipun kini sudah mulai dirasakan masyarakat. Misalnya, infrastruktur di desa seperti jalan dan jembatan meskipun belum sepenuhnya  dalam kondisi baik.

Kedepan pihaknya  kata Hajar, ingin mengembangkan perekonomian masyarakat dengan menggalakkan usaha rumah tangga dengan memanfaatkan potensi yang ada.   ”jadi saya akan berikan pemuda saya pelatihan dan dana yang akan dikembangkan untuk dijadikan usaha,”harapnya.(cr-wan)