Desa Dituntut Keterbukaan Informasi

WORKSHOP: Para Kades se Lotim saat menghadiri kegiatan workshop terkait Keterbukaan Infomasi Publik (KIP), Senin kemarin (29/8). (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Keterbukaan Infomasi Publik (KIP) juga menjadi keharusan bagi desa. Hal ini dianggap sangat penting dalam mensinergikan infomasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tak terkecuali desa itu sendiri. Keterbukaan KIP terus gencar dilakukan, termasuk di NTB, khususnya di Lotim.

Menindaklanjuti kerjasama yang sudah terjalin, KIP NTB menggelar workshop pengelolaan dan pelayanan informasi publik dengan melibatkan semua kepala desa (Kades) di Lotim tanpa terkecuali. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo Bupati, Senin (29/8).

Dalam sambutan, Ketua KIP NTB, Ajeng Rosalida mengatakan, setelah workshop ini selanjutnya akan digelar pencanangan desa benderang informasi publik. Kegiatan itu rencananya akan dilaksanakan di Mataram, melibatkan Kades di semua desa di NTB.

KIP menurutnya sangat penting diterapkan, karena ini program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. “Ini sinergi antara kementerian desa dan KIP pusat. Salah satunya diimplementasikan di NTB,” tandasnya.

Sementara Bupati Lotim dalam sambutan yang disampaikan Asisten III Administrasi Umum, Andika Istujaya menyampaikan ucapan terima kasih, karena telah memfasilitasi desa dalam pelayanan KIP untuk semua desa di Bumi Selaparang (Lotim) ini.

Keterbukaan infomasi lanjutnya, telah memberikan kebebasan bagi masyarakat untuk mengakses segala macam informasi. Baik yang ada di desa, kabupaten hingga pusat. “Masyarakat tidak lagi takut untuk menyampaikan persoalan yang mereka alami,” ujarnya.

Dengan KIP, kini masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan pemerintah. Karena keterbukaan itu masyarakat pun mulai bersikap kritis dalam menilai program-program pemerintah. Pemerintah sebaiknya tak lepas dari kebaikan mereka dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. “Semua itu bisa tercapai dengan pelayanan publik yang tepat dan akurat untuk masyarakat,” pungkasnya. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid