Desa Bakajaya Siapkan Bak Cuci Tangan di Setiap Ujung Gang

BAK CUCI TANGAN: Kades Bakajaya, Umar H Bakar, bersama Babinkamtibmas Bripol Agus Salim, dan Babinsa Sertu Isyra, ketika menempatkan bak cuci tangan dan hand sanitizer di setiap ujung gang masuk perkampungan, Senin (4/1/2021). (ist for radarlombok.co.id)

DOMPU—Upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Desa Bakajaya, Kecamatan Wajo, Kabupaten Dompu. Kepala Desa Bakajaya, Umar H Bakar, bersama Babinkamtibmas Bakajaya, Bripol Agus Salim, dan Babinsa Bakajaya, Sertu Isyra, serta para Kepala Dusun (Kadus) di Desa Bakajaya, terus gencar membudayakan masyarakat desanya untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Selain rutin melaksanakan kegiatan gotong rotong membersihkan sampah di areal publik di Desa Bakajaya, setiap hari Jumat pagi. Kami juga telah menempatkan bak atau ember sebagai sarana mencuci tangan dan hand sanitizer, di setiap gang masuk dan ditengah-tengah perkampungan warga,” kata Babinkamtibmas Bakajaya, Bripol Agus Salim, Senin (4/1/2021).

Tujuannya sambung Agus, selain untuk menyadarkan masyarakat agar selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, juga agar warga yang datang dari dusun atau desa lain yang hendak pulang atau bertamu, mereka terlebih dahulu mencuci tangan dan menyemprot tangannya dengan hand sanitizer, sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19.

“Bahkan kami akan tegas. Setiap warga yang datang dari dusun atau desa lain tidak akan diizinkan masuk, sebelum mereka mencuci tangan telebih dahulu, dan memakai masker tentunya,” tegas Agus.

Karena itu, di setiap lokasi yang terpasang bak atau ember untuk mencuci tangan, pihaknya juga telah mensosialisasikan kepada masyarakat terdekat, termasuk kepada seluruh warga Desa Bakajaya, untuk mengingatkan warga yang hendak masuk ke perkampungan agar mencuci tangan terlebih dahulu.

“Harapan kami selaku 3 pilar, mudah-mudahan dengan langkah kecil ini bisa lebih menyadarkan masyarakat dalam kepatuhannya terhadap penerapan protokol kesehatan (Prokes). Terlebih pemerintah juga sudah jelas-jelas telah mengeluarkan aturan dan maklumat dalam hal ini,” singkat Agus. (gt)