Desa Bakajaya Gencar Imbau Warga Patuh Protokol Kesehatan

IMBAUAN PROKES: Kades Bakajaya, bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas Bakajaya, serta para staf desa, melakukan imbauan kepada masyarakat di Pasar Wo'di Desa Bakajaya, Jumat (8/1/2021). (ist for radarlombok.co.id)

DOMPU-Antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, Kepala Desa Bakajaya, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Umar H Abakar, bersama Bhabinkamtibmas Desa Bakajaya, Bripol Agus Salim, Babinsa Bakajaya, Sertu Isyra, dan para staf desa, serta masyarakat, selain rutin melaksanakan gotong royong membersihkan sampah di area-area publik setiap Jumat pagi. Kesempatan melakukan giat Jumat Bersih itu juga dimanfaatkan untuk sosialisasi penerapan protokol kesehatan (Prokes).

“Seperti hari ini (kemarin), usai giat Jumat Bersih, kami memberikan imbauan penerapan Prokes Covid-19 kepada masyarakat yang beraktifitas di Pasar Wo’di Desa Bakajaya. Sehingga warga, baik itu pedagang maupun pembeli, semua mematuhi Prokes, dengan wajib menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan, serta menghindari kerumunan,” kata Kepala Desa Bakajaya, Umar H Abakar, Jumat (8/1/2021).

Ditegaskan Kades, dimasa pandemi corona seperti sekarang ini, suka atau tidak, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat Desa Bakajaya, maka seluruh warga selain membudayakan hidup bersih dan sehat, juga harus memerapkan Prokes Covid-19, tanpa terkecuali.

“Virus Covid-19 ini belum ada obatnya. Jadi yang masih ampuh untuk menghindarkan diri dari penyakit ini adalah dengan cara patuh terhadap protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” tutur Umar.

Senada, Babinsa Bakajaya, Sertu Isyra juga menyampaikan agar masyarakat harus dan wajib menggunakan masker, untuk menghindarkan diri dan orang lain dari penyebaran virus corona.

“Seperti penyampaian Kades, kalau masih ada warga, baik itu pedagang atau pembeli di pasar ini yang tidak patuh Prokes Covid-19, maka kami akan memberikan tindakan tegas,” ujar Isyra.

Sedangkan Bhabinkamtibmas Desa Bakajaya, Bripol Agus Salim menambahkan, bahwa intinya adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran dari masyarakat itu sendiri, untuk menjaga keselamatan diri, keluarga dan orang lain dari penyebaran virus corona.

“Caranya, patuhi Prokes Covid-19. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menggunakan masker ketika diluar rumah, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” tegas Agus Salim.

Karena kalau masyarakat sudah sadar akan dampak yang ditimbulkan oleh virus corona ini, yang bahkan sampai banyak orang yang meninggal dunia di seluruh Negara. Maka wajib bagi masyarakat untuk mematuhi segala imbauan yang telah di sampaikan oleh pemerintah.

“Mari jaga kebersihan, khususnya di pasar ini, untuk menghindari timbulnya penyakit. Giat ini akan terus kami lakukan, untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Agus Salim. (gt)