Demokrat Terbitkan SK Dukungan Pilkada KLU dan Dompu

Balon Bupati Sumbawa Nurdin Ranggabarani saat bertandang ke DPP Demokrat, baru-baru ini. (IST FOR RADAR LOMBOK)
Balon Bupati Sumbawa Nurdin Ranggabarani saat bertandang ke DPP Demokrat, baru-baru ini. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM — DPP Demokrat dijadwalkan menerbitkan dua SK dukungan bakal pasangan calon kepala daerah (bapaslon kada) pekan ini.

Ketua DPD Demokrat NTB TGH Mahally Fikri mengatakan, SK dukungan itu sudah berformat BI.KWK, artinya bisa dipergunakan untuk mendaftar di KPU setempat, awal September nanti. Adapun tiga bapaslon kada dimaksud yakni Najmul Akhyar-Suardi untuk Pilkada Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan Saifurrahman Salman-Ika Rizky Veryani untuk Pilkada Dompu.  “Sesuai jadwal dari DPP, Rabu (5/8), SK dukungan final dua daerah itu akan diserahkan oleh Ketum AHY (Agus Harimurti Yudhoyono),” katanya, Minggu (2/8) kemarin.

Ia menegaskan, arah dukungan di Pilkada KLU dan Dompu sudah final, tidak bisa diganggu gugat. Dirinya memastikan bahwa seluruh jajaran kader dan pengurus solid mengamankan kebijakan partai ini.

Adapun untuk Pilkada Sumbawa Barat, Sumbawa, dan Pilkada Bima, rencananya akan digelar pleno finalisasi oleh DPP pada Senin (3/7) ini. Untuk Pilkada Sumbawa Barat, DPP memproses paket KH Syamsul Ismail-Mustakim Patawari. Paket ini akan menjadi penantang petahana. “Mustakim Patawari adalah kader Demokrat,” jelasnya.

Sedangkan di Pilkada Sumbawa, DPP memproses paket Nurdin Ranggabarani-Burhanuddin Jafar Salam dan Jarot-Mokhlis. Kemudian di Pilkada Bima juga demikian, diproses dua bapaslon kada yakni Arifin-Umi Arka dan Syafruddin-Ady Mahyuddin. “Nah, sekarang tinggal kita tunggu keputusan DPP,” ucapnya.

Sementara itu, Balon Bupati Sumbawa Nurdin Ranggabarani cukup optimistis pihaknya akan mengantongi SK dukungan Demokrat. Mengingat PPP dan Demokrat sudah sepakat koalisi. “Tapi tentu kita hormati proses sedang berlangsung di Demokrat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Demokrat sudah menyerahkan SK dukungan kepada Ahmad Ziadi-Lalu Aswatara untuk Pilkada Lombok Tengah dan Baihaqi-Baiq Diyah Ratu Ganefi untuk Pilkada Kota Mataram. (yan)