Demokrat Belum Putuskan Buka Penjaringan

TGH Mahally Fikri
TGH Mahally Fikri.( IST/radar lombok)

MATARAM–Sejumlah parpol sudah membuka penjaringan bakal calon kepala daerah (balon kada) untuk Pilkada serentak tujuh kabupaten/kota 2020. Sebut saja PDIP, NasDem, PPP, PAN, dan Gerindra. Demokrat sendiri, yang relatif punya raihan kursi DPRD signifikan di tujuh daerah itu, malah belum membuka. Masih santai. “Kita belum putuskan buka penjaringan,” kata Ketua DPD Demokrat NTB TGH Mahally Fikri saat ditemui di Kantor DPRD NTB, Senin (28/10) kemarin.

Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan DPP terkait itu. Tetapi arahan DPP untuk membuka penjaringan atau tidak, belum ada. Rencananya, Rabu (30/10), DPD Demokrat se-Indonesia akan diundang DPP membicarakan hal tersebut.

Pada pertemuan itu, DPP hendak mendengar laporan dari daerah terkait lobi politik yang sudah dilakukan Demokrat dengan parpol lain. “Dari situ nanti akan diputuskan oleh DPP. Apakah nanti kita buka penjaringan atau tidak di pilkada,” terangnya.

Apalagi situasi politik di masing-masing kabupaten/kota yang menggelar pilkada di NTB berbeda-beda. Misalnya saja Pilkada Kabupaten Lombok Utara (KLU). Di sana, DPC Demokrat sudah menetapkan Ketua DPC Demokrat KLU Najmul Ahyar sebagai calon bupati. Dengan begitu, tak perlu lagi dibuka penjaringan calon bupati. Tetapi sangat mungkin Demokrat KLU hanya akan membuka penjaringan calon wakil bupati.

Demikian juga di Pilkada Loteng, Demokrat sudah memiliki empat kader internal yang siap maju. Hanya saja dari empat kader internal itu, Demokrat belum menentukan siapa yang ditetapkan diusung. “Tetapi nanti kita tunggu kepastian dari DPP,” ungkap mantan Wakil Ketua DPRD NTB tersebut.

Adapun untuk Pilkada Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Sumbawa, Bima, dan Dompu, sangat besar kemungkinan membuka penjaringan, karena tidak ada kader yang menyatakan siap maju. Terkecuali KSB. Ketua DPC Demokrat KSB Mustakim Patawari menyatakan maju calon wakil bupati. Kemungkinan nanti hanya membuka penjaringan bakal calon bupati.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Kota Mataram Muhammad Zaini mengatakan, benar, tidak ada kader internal Demokrat siap maju di pilkada. Namun pihaknya belum ada rencana membuka penjaringan. “Jika kita diperintahkan buka penjaringan, tentu kita siap buka penjaringan,” lugas Anggota DPRD Kota Mataram ini. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid