DAU KLU Dipotong Rp 5 Miliar

Raden Nurjati
Raden Nurjati (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK )

TANJUNG – Pemerintah pusat resmi memotong dana alokasi umum (DAU) Kabupaten Lombok Utara (KLU) sebesar Rp 5 miliar tahun anggaran 2017 hari Rabu kemarin (9/8).

Pemangkasan ini berimbas terhadap sejumlah program masyarakat akan rasionalisasi pembahasan RAPBD-P 2017 dengan menghilangkan atau mengurangi honor kegiatan dan perjalan dinas. Pemotongan ini murni berlaku secara nasional berkisar 3-4 persen. Hal ini bukan disebabkan oleh realisasi keuangan daerah, melainkan kemungkinan kondisi keuangan negara. “Pemotongan DAU untuk KLU sudah keluar secara resmi dari pemerintah pusat sebesar Rp 5 miliar lebih,” ungkap Kepala Badan Keuangan Daerah dan Aset Daerah (BPKAD) Lombok Utara Raden Nurjati, Rabu (9/8).

Dikatakan, pemotongan ini bukan dialami pemerintah Lombok Utara saja melainkan berlaku secara nasional. Penyebab adanya pemotongan ini bukan karena realisasinya keuangan daerah rendah, namun kemungkinan disebabkan kondisi keuangan negara. “Tidak ada kaitannya dengan realiasi keuangan daerah, karena memang wacana memang jauh hari sudah disampaikan hal pemotongan tersebut,” terangnya.

Diakui, pemotongan ini akan berimbas terhadap sejumlah kegiatan daerah, akan tetapi tidak terlalu besar. Karena itu, pada APBD-P 2017 nanti akan dirasionalisasikan anggaran belanja-belanja perkantoran, sedangkan kegiatan yang langsung ke masyarakat akan diupayakan dipertahankan. “Nanti kita akan kurangi pada belanja kantor, dan saya kira ini tidak terlalu berimbas,” tandasnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid