Dari Pemeriksaan Kehamilan Hingga Persalinan Dijamin Penuh JKN-KIS

Sri Wahyuni

SELONG–Menantikan kehadiran seorang anak merupakan hal yang paling ditunggu oleh pasangan suami istri. Tak jarang orang melakukan segala cara dan merogoh kocek mendalam untuk menantikan kehadiran sang buah hati.

Kebahagian karena dikaruniai seorang anak terpancar dari pasangan muda Sri Wahyuni (19) dan suami yang berasal dari Kabupaten Lombok Tengah ini, terlebih lagi kondisi anak lahir dengan selamat dan sehat. Pancaran kebahagiaan pasangan ini terlihat jelas di raut muka Sri,yang kala itu dikunjungi tim Jamkesnews pasca-melahirkan; berbagi pengalaman indahnya dengan tim Jamkesnews.

“Saya datang ke Puskesmas Bonjeruk tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) saya terdaftar. Pada saat itu, saya langsung ditangani dan diperiksa oleh petugas. Allhamdulillah saya langsung ditangani pada saat datang, hanya dengan menunjukkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN–KIS). Tepat pukul 22.15 WITA, allhamdulillah anak saya lahir dengan selamat dan sehat” ujar Sri.

Sri yang kala itu melihat sang bayi telah lahir, merasa bersyukur dan melupakan rasa sakitnya selama proses persalinan. Bukan hanya itu, yang membuat dirinya merasa lega adalah ketika mengetahui bahwa seluruh proses persalinan yang ia jalani dijamin penuh oleh BPJS Kesehatan.

“Saya sangat bersyukur telah diberikan amanat dan tanggung jawab untuk merawat anak saya. Sejak pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan laboratorium hingga persalinan, semua biaya ditanggung BPJS Kesehatan, jadi saya bisa berhemat untuk keperluan lainnya. Terima kasih pemerintah yang telah menghadirkan Program JKN-KIS ini,” cerita Sri.

Lebih lanjut Sri mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah yang telah mendaftarkan ia sebagai peserta JKN–KIS.

“Saya juga mengucapkan terima kasih sebesar–besarnya kepada pemerintah karena telah menjamin saya menjadi peserta JKN-KIS, sehingga saya tidak khawatir lagi akan biaya persalinan,” tutup Sri. (dh/ay)

Artikel asli dimuat di https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/tmn/26842/20210202/sri-dari-pemeriksaan-kehamilan-hingga-persalianan-dijamin-penuh-jkn-kis