Dapat Pelatihan Desain Grafis, Alumni BLK Lombok Tengah Siap Kerja Buka Usaha Mandiri

PELATIHAN: Para peserta di BLK Lombok Tengah saat mengikuti pelatihan. (M.Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYA–Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Tengah terus memberikan pelatihan kepada masyarakat, agar memiliki skill dan keterampilan dalam menghadapi dunia kerja.

Saat ini BLK sudah memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk desain grafis.

Para peserta diberikan materi pelatihan mulai teori hingga desain dengan aplikasi di PC sampai pembuatan atau cetak produk hasil desain.

Berbagai pelatihan yang diberikan ini tidak lain sebagai persiapan agar setelah selesai pelatihan bisa membuka usaha mandiri atau masuk kerja di perusahaan percetakan.

Instruktur pelatihan TIK di UPTD BLK Lombok Tengah Ahmad Habib Nawawi mengatakan bahwa pelatihan desain grafis ini tidak lain sebagai upaya memberikan pengalaman dan keterampilan kepada masyarakat agar nantinya memiliki skill untuk bisa menjadi pengusaha mandiri ataupun siap bekerja di mana pun.

“Tahun 2024 ini sudah angkatan kedua kita berikan pelatihan desain grafis. Angkatan pertama di awal tahun dan angkatan kedua pada Mei kemarin. Satu kelas ada 16 peserta,” ungkap Ahmad Habib Nawawi, kemarin.

Para peserta diajarkan cara mendesain berbagai hal menggunakan berbagai aplikasi yang ada di komputer, sampai dengan bagaimana mengaplikasikan desain itu ke produk jadi. Seperti praktik membuat papan nama, pembuatan ID card, pembuatan pin dan berbagai produksi yang cukup bagus.

“Termasuk sablon gelas keramik hingga sablon kaos, maka dengan pelatihan yang sudah kita berikan ini kita optimis alumni BLK siap dalam dunia kerja. Jadi dengan modal ilmu yang didapatkan di BLK maka bisa berusaha mandiri dan bisa juga masuk di percetakan karena masalah desain spanduk, baliho dan lain sebagainya sudah mereka bisa,” tambahnya.

Dari alumni yang sudah diajarkan Desain grafis ini, selain sudah banyak yang bekerja di berbagai usaha percetakan tapi banyak juga yang sudah membuka usaha secara mandiri. Bahkan banyak pihak yang memanfaatkan hasil desain grafis mereka.

“Alhamdulilah banyak para alumni yang sudah mulai buka usaha secara mandiri sekarang ini,” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang alumni peserta pelatihan desain grafis,Rauzi mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas pelatihan yang diberikan oleh BLK.

Dengan pelatihan itu, kini ia bisa mendesain sendiri berbagai hal mulai dari spanduk dan lain sebagainya. Padahal sebelumnya kalau mau mendesain spanduk misalnya, ia banyak meminta jasa orang lain.

“Alhamdulillah banyak ilmu yang kita dapatkan terutama saya yang selama in bergerak di bidang travel maka saya ikut pelatihan desain grafis karena ada korelasinya dengan dunia travel dan alhamdulilah setelah mendapat pelatihan jika sebelumnya kalau mau desain grafis saya suruh orang tapi sekarang sudah bisa desain sendiri sepanduk dan lainnya,” terangnya. (met)

Komentar Anda