Dandim dan Kapolres KSB Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Takbiran dan Idul Fitri

INSPEKSI PASUKAN: Dandim 1628/Sumbawa Barat dan Kapolres Sumbawa Barat, melakukan inspeksi pasukan, Rabu (12/5/2021). (ist for radarlombok.co.id)

TALIWANG–Bertempat di Lapangan Mapolres Sumbawa Barat telah berlangsung Kegiatan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1442 H/2021 M. Kegiatan dipimpin langsung oleh Dandim 1628/Sumbawa Barat dan Kapolres Sumbawa Barat, Rabu (12/5/2021).

Pada kesempatan tersebut Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Herman Suriyono S.I.K.MH., menyampaikan ucap syukur karena sore ini masih bisa berkumpul dalam rangka Apel Gelar Pasukan kesiapan pengamanan malam Takbiran Idul Fitri.

Selaku pribadi mewakili Polres Sumbawa Barat, dia juga mengucapkan selamat hari raya idul Fitri mohon maaf Lahir dan Batin, yang mana selama satu bulan kita melaksanakan puasa semoga puasa kita di terima oleh Allah SWT.

Hari ini lanjut Kapolres, dilaksanakan apel kesiapan malam takbiran sesuai arahan pimpinan, agar difahami bahwa takbir keliling sementara tidak boleh, dannhanya dilakukan di masjid yang sudah ditentukan dan tidak lupa tetap menerapkan Prokes.

Kegiatan takbir nanti malam, juga harus mengutamakan protokol kesehatan. Karena ketika pihaknya melakukan ngabuburit atau jalan di sore hari, ternyata masih banyak ditemukan masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker

“Hal ini yang perlu difahami oleh rekan-rekan, jangan sampai ini terjadi seperti di India, yang karena longgarnya serta tidak disiplinnya Prokes,” jelasnya.

BACA JUGA :  Jelang Idul Fitri, Dandim 1628/SB Serahkan Bingkisan Lebaran

Diungkapkan Kapolres bahwa di KSB diperbolehkan melaksanakan shalat idul Fitri baik di masjid maupun di lapangan.

Namun demikian tetap harus mengutamankan SOP protokol Covid -19. “Jangan pernah lelah untuk mengingatkan kepada masyarakat kita, agar tetap menggunakan masker dan jaga jarak guna mencegah penyebaran Covid-19,” pinta Kapolres.

Sesuai arahan pimpinan lanjut Kapolres, bahwa harus fokus untuk menangani Covid 19. Untuk itu, agar melaksanakan tugas yang mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Demikian perintah sudah jelas, baik TNI Polri, ASN tidak ada yang mudik, kecuali ada yang emergensi.

“Lakukan pengamanan ini dengan persuasif dan humanis mengingat sebagian masyarakat khususnya anak anak kita kemunkinan masih ada yang takbir keliling secara sembunyi sembunyi,” ujar kapolres.

Senada, Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi ST, M,IP juga menyampaikan ucapan selamat hari raya idul Fitri 1442 H.

“Mohon maaf lahir dan batin, semoga amal ibadah kita selama bulan puasa di terima oleh Allah SWT. Tugas ini adalah tugas yang mulia, dan laksanakan dengan rasa tanggung jawab,” tegas Dandim.

“Patut kita bersyukur bahwa kebijakan pemerintah yang wilayahnya zona kuning dan zona hijau bisa melaksanakan shalat idul Fitri. Maka dari itu, ini adalah tugas kita untuk tetap menertibkan masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” sambung Dandim.

BACA JUGA :  Forkopimda KSB Pantau Posko Pam Operasi Ketupat Rinjani 2021

Selainnitu, tetap menjaga faktor keamanan selama bertugas, dan tetap mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan takbir keliling, tutup Dandim.

Setelah giat apel Personil gabungan melaksanakan buka puasa bersama di Masjid Polres Sumbawa Barat, dan setelah itu pasukan masuk kedudukan masing masing yang sudah ditentukan.

Kegiatan apel tetap mengacu kepada protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Adapun hadir pada apel gelar Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi ST.,M.IP, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono S.I.K.MH.,Kajari Sumbawa Barat Suseno SH MH, Waka Polres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin, Kabag Sumda Polres Sumbawa Barat Kompol Ibrahim, Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto SH., PJU Polres Sumbawa Barat
,Danki Brimob AKP Sulaiman, Pjs Pasi Intel Kodim 1628/Sumbawa Barat Letda Inf Zulkifli

Sementara personil apel terdiri dari 1 SST Kodim 1628/Sumbawa Barat, 1 SST Sat Brimob, 1 SST Sabhara Polres Sumbawa Barat, 1 SST Staf Polres Sumbawa Barat, 1 SST Satreskrim dan Intelkam Polres Sumbawa Barat, 1 SST Satlantas Polres Sumbawa Barat,1 SST Dishub,1 SST Sat Pol PP, 1 SST Dinkes, 1 SST Senkom. (*/gt)