Dana Sertifikasi Tahun 2016 Tersendat, Guru Kecewa

HM. Syakirin Hukmi
HM. Syakirin Hukmi

MATARAM – Para guru SD, SMP dan SMA/SMK di Kota Mataram harus bersabar dulu. Dana sertifikasi guru bulan Desember 2016 belum dapat dicairkan. Kabarnya, pencairan belum dapat dilakukan karena masih menunggu audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram HM Syakirin Hukmi mengatakan, Pemerintah Kota Mataram telah melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat. Namun belum diperbolehkan penalangan. Prosesnya nanti pusat yang mentransfer ke kas daerah. “ Kami sudah ajukan untuk kita talangi terlebih dahulu, tapi tidak dibolehkan,” katanya.

Total anggaran dana sertifikasi untuk triwulan tiga di bulan Desember 2016 yang belum dicairkan yakni Rp 9 miliar.”Sedangkan sertifikasi triwulan pertama tahun 2017 sudah jalan untuk SD dan SMP,” jelasnya.

Dikatakan Syakirin, pencairan dana sertifikasi pada triwulan terakhir 2016 masih jadi tunggakan pemerintah daerah. Ia juga berharap ada informasi dari Kemedikbud terkait dengan pencairan. Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan kebudayaan terkait dengan beberapa kendala anggaran sertifikasi guru tersebut.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Muhtar, meminta dinas terkait proaktif melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat. Karena ini menyangkut hak para guru. “Kita minta daerah mencarikan solusi, serta koordinasi intens dengan Kemendikbud,” katanya.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid