Dana Porprov Belum Cair, KONI Diminta Ngutang

Anding Duwi Cahyadi (DERY HARJAN/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) menyiapkan  anggaran Rp 1,8 miliar untuk mengikuti pekan olahraga provinsi (Porprov) NTB. Hanya saja anggaran tersebut belum bisa dicairkan pada saat Porprov pada 18-26 Februari 2023.

“Biasanya hibah itu dicairkan kisaran bulan Mei. Yang terjadi sekarang Porprov dimajukan ke Februari. Biasanya itu dilaksanakan di bulan November hingga Desember. Ini yang membuat kendala anggaran,” kata Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi, Sabtu (21/1).

Untuk itu, agar kegiatan bisa tetap berjalan, maka pihaknya meminta kepada pengurus Komite Olahraga Nasional (KONI) KLU agar bisa mencari jalan keluar. “Ini kan hanya soal waktu saja. Saya kira pengurus KONI orang-orang hebat tentu bisa menyiasati. Kecuali tidak ada anggaran itu bikin pusing. Ini ada anggarannya cuman cairnya belum waktunya,” ujar Anding.

Baca Juga :  Komisi II Sorot Tidak Adanya Formasi PPPK Keswan

Untuk lancarnya kontingan KLU mengikuti Porprov nanti, maka KONI harus menyiapkan dana lain selain yang bersumber dari APBD tersebut sementara waktu. Pengurus KONI KLU kata Anding belakangan ini intens berkomunikasi dengannya untuk mencari solusi. “Menurut kami strateginya hanya satu yaitu minjam uang di pihak ketiga,” ucapnya.

Sejauh ini pemda sudah berupaya berkomunikasi dengan beberapa pihak untuk meminjam dana sesuai dengan kebutuhan KONI yaitu Rp 1,8 miliar. Dana tersebut jelasnya di luar bonus untuk atlet. “Kalau bonus atau hadiah atlet berprestasi lain lagi nanti. Kalau banyak yang berprestasi kita akan anggarkan di APBD perubahan,” tegasnya.

Baca Juga :  Penyebar Video Asusila Siswi SMA Lombok Utara Dipulangkan

Sementara itu, Ketua KONI KLU, Burhan M Nur mengatakan bahwa persoalan ini menjadi tanggung jawab pemda. “Insyaallah segera diprioritaskan karena semua daerah problemnya sama sehingga Gubernur NTB telah bersurat ke bupati dan wali kota se-NTB untuk hal ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada Porprov yang akan digelar 18-26 Februari  mendatang, Pemda KLU akan mengirim 210 atlet dari 20 cabang olahraga (cabor). Target yang ingin dicapai adalah 9 medali emas, 14 medali perak dan 9 medali perunggu. “Minimal sama dengan capaian porprov sebelumnya. Lebih dari itu semakin bagus,” tutupnya. (der)

Komentar Anda