Dana BOS SMAN 9 Mataram Diusut Polisi

SMAN 9 Mataram (ROSYID/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polresta Mataram menelisik dugaan korupsi dana bantuan operasional sekolah (BOS) SMAN 9 Mataram. Diduga terjadi mark up atau penggelembungan sejumlah proyek fisik. “Ini masih lid (penyelidikan),” kata Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol I Made Yogi Purusa Utama, Minggu (9/6).

Penyidik telah memanggil sedikitnya puluhan orang dari SMA 9 Mataram untuk diklarifikasi. Di antaranya pegawai tidak tetap (PTT), guru dan bendahara. Sementara kepala dan wakil SMAN 9 Mataram menyusul. “Kepala dan wakil sekolah belum. Dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Dana BOS yang ditelisik ini tahun 2021-2022. Total anggarannya Rp 2 miliar dengan rincian Rp 1 miliar per tahun. Dugaan awalnya, banyak pekerjaan yang di mark up. Seperti proyek pembuatan taman, pemasangan paving block, dan pembangunan tembok. “Belum bisa kita tentukan nilai kerugian,” sebutnya.

Baca Juga :  Vakum 2 Tahun, Natal Bersama MKAG Digelar Lagi

Menyinggung indikasi perbuatan melawan hukum (PMH) dari hasil penyelidikan sementara, belum bisa disimpulkan. Namun berdasarkan pemeriksaan, dugaan awalnya sejumlah item pekerjaan terjadi mark up. “Itu yang sementara (mark up). Belum bisa kami simpulkan,” ujarnya.

Berdasarkan surat yang diterima Radar Lombok, penyidik telah mengirimkan surat yang ditujukan ke Kepala SMA 9 Mataram, perihal permintaan fotokopi dokumen dilegalisir.

Surat tersebut dengan Nomor: B/37/XI/RES 3/2023/Reskrim, tertanggal 24 November 2024. Salah satu poin surat yang ditandatangani Kompol I Made Yogi Purusa Utama selaku Kasatreskrim Polresta Mataram itu, mengenai permintaan salinan dokumen atau data-data terkait yang telah dilegalisir, guna kepentingan penyelidikan dan mempercepat penyelesaian kasus tersebut.

Baca Juga :  Mohan Tentukan Pilihan Pilkada Bulan Juni

Dokumen yang diminta seperti rencana kerja anggaran SMAN 9 Mataram tahun anggaran 2021-2022. Data pokok pendidik (dapodik) siswa SMAN 9 Mataram tahun anggaran 2021-2022. Lainnya berupa laporan pertanggungjawaban dana BOS SMAN 9 Mataram tahun anggaran 2021-2022. Dan terakhir rekening koran atas rekening pengelola dana BOS SMAN 9 Mataram periode tahun 2021-2022. (sid)

Komentar Anda