Dai Cilik Unjuk Kebolehan

MATARAM—Puluhan dai cilik yang berasal dari pelajar tingkat sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (SD/MI) unjuk kebolehan berdakwah di arena Pameran Pusat Peradaban Islam, yang merupakan rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-26 di Mataram sejak Rabu (3/8).

 Kegiatan yang diselenggarakan Museum Negeri NTB, dan dikemas melalui Lomba Dakwah Islam itu diikuti oleh 26 pelajar SD/MI se Kota Mataram. Tema yang diangkat peserta rata-rata adalah ungkapan rasa syukur karena NTB ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional. Sekaligus berkah dan manfaat yang dapat dipetik dari penyelenggaraan even yang diikuti oleh ribuan kafilah dari seluruh Indonesia tersebut.

Kepala Museum Negeri NTB, Baiq Rahmayati menyampaikan, Lomba Dakwah Islam tingkat SD/MI se- Kota Mataram, dari sisi kuantitas (jumlah) peserta memang sangat sedikit. Itu terjadi, karena untuk mencari anak-anak usia SD/MI yang berani tampil di muka publik, masih sangat sulit. “Kami memang tidak menargetkan peserta yang banyak. Sedikit peserta, tetapi mereka berani tampil di muka publik itu saja sudah luar biasa bagi anak-anak,” tuturnya.

Selain Lomba Dakwah Islam tingkat SD/MI yang digelar Rabu lalu sambung Maya, Museum Negeri NTB juga menggelar Lomba Cerita Koleksi Museum tingkat sekolah menengah pertama dan madrasah tsanawiyah (SMP/MTs) se Kota Mataram.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 pelajar, yang pelaksanaannya terbagi dalam dua sesion lomba. Sesion pertama pagi dimulai pada pukul 08.00 – 13.00 Wita, untuk kemudian dilanjutkan sesion kedua pada pukul 14.00 hingga selesai,” terang Maya seraya menyampaikan, pengumuman pemenang dan pembagian hadiah kedua lomba itu akan dilakukan pada Sabtu mendatang, yaitu saat penutupan MTQ Nasional  XXVI, sekaligus penutupan PPI.(gt)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid