Dahlan Iskan Sarankan Dr Zul Memulai Jembatan Lombok-Sumbawa Target 20 Tahun

Dahlan Iskan menerima kunjungan Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah di kediamannya di Surabaya, Sabtu (1/4/2021). (IST/RADAR LOMBOK)

SURABAYA–Di sela-sela kunjungan kerja ke Surabaya, Sabtu (1/5/2021), Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyempatkan diri mampir ke rumah sahabatnya, Dahlan Iskan (DI). Pertemuan keduanya tampak “heboh”. Dahlan pun tampak antusias sekali menerima Dr Zul, panggilan Gubernur NTB ini.

Mantan CEO Jawa Post ini menerima tamunya di ruang belakang rumahnya. Sebuah meja kaca ukuran besar di kelilingi puluhan kursi. Dia didampingi beberapa mitra pengusaha. Tidak lama berselang, ikut bergabung putra DI, Azrul Ananda.

Diskusi berlangsung cair dan mengalir. Berbagai isu menghiasi diskusi. Kebanyakan tentang ide-ide pembangunan NTB ke depan. “Bagaimana sebenarnya tentang jembatan Lombok-Sumbawa? Saya tonton videonya itu kok bagus sekali,” kata Dahlan. Insting wartawannya mulai keluar.

Gubernur Zul kemudian menjelaskan bahwa ada sebuah perusahaan yang sedang melakukan Feasibility Study. Apakah layak atau tidak dibangun jembatan itu. “Apakah memungkinkan atau tidak dilihat dari sisi tekhonologi dan sisi bisnis. Kalau memungkinkan kita cari lagi investornya yang bersedia membangun,” kata Dr Zul dalam rilis Diskominfotik NTB.

BACA JUGA :  Gubernur Tawarkan Mudik Lombok-Sumbawa Dicicil Mulai 5-8 Mei, Biar Tak Menumpuk

“Sangat Mungkin,” kata Dahlan menyambar. “Wong teknologinya cuman segitu kok. Saya pernah mencoba mengukur kedalamannya untuk nanam kabel bawah laut,” kata Dahlan, yang juga mantan Dirut PLN dan mantan Menteri BUMN ini.

“Kalau boleh usul, Pemprov NTB sebaiknya ‘menabung’. Targetkan hingga 20 tahun. Anggarkan uang misalnya setahun berapa. Nanti dalam jangka waktu 20 tahun, diharapkan bisa untuk mewujudkan. Yang penting dimulai. Karena kalau tidak dimulai, nggak akan jadi Pak. Ini Indonesia soalnya,” katanya.

Menanggapi masukan-masukan Dahlan Iskan ini, Gubernur Zul manggut-manggut. “Bertemu beliau ini, memang selalu ada ide-ide segar. Kita tambah semangat ini,” kata Gubernur.

BACA JUGA :  Kebijakan Boleh Mudik dari Gubernur NTB Tak Berlaku Lagi

Pembicaraan beralih ke potensi perikanan di NTB. Ketahuan, ternyata Dahlan punya beberapa tambak udang di NTB. Ada di Lombok Timur dan satu lagi di Sumbawa.

Gubernur Zul kemudian menawarkan kepada Dahlan agar membikin pabrik pakan di NTB. Jika ini bisa terwujud, Gubernur berjanji akan memfasilitasi bahkan menyiapkan lahan gratis. Bahkan akan membuat kebijakan bagaimana agar masyarakat pesisir memiliki tambak udang sehingga pabrik pakan yang dibuat memiliki pasar. Terkait tawaran Gubernur ini, Dahlan langsung meminta mitranya untuk menindaklanjuti dengan melakukan kajian-kajian.

Bang Zul juga menyampaikan bahwa NTB akan menjadi tuan rumah MotoGP. “Sebenarnya akan dilaksanakan Oktober. Namun karena Pandemi Covid, kita undur ke Maret tahun 2022,” tutup Gubernur. (RL)