Customer Ini Gercep Call Honda Care

Mekanik Honda Care melayani perbaikan sepeda motor Honda konsumen.(IST/ RADAR LOMBOK)

MATARAM – Perkembangan teknologi dan fitur sepeda motor terus dikembangkan untuk memberikan beragam informasi kondisi sepeda motor kepada pemiliknya. Salah satunya adalah indikator suhu yang terdapat pada panel speedo meter. Indikator suhu berfungsi untuk memberikan informasi kondisi suhu mesin sepeda motor.

Jika kondisi suhu panas mesin sudah melewati batas ideal atau overheat, maka lampu indikator suhu akan menyala sehingga pemilik sepeda motor perlu melakukan beberapa hal agar suhu mesin bisa kembali normal. Karena jika suhu mesin melewati batas ideal dan dibiarkan, bisa berakibat fatal. Hal terburuk adalah komponen bagian dalam mesin seperti silinder, piston, stang piston akan rusak.

“Overheat bisa terjadi karena beberapa hal, seperti cairan pendingin habis, kipas radiator mati, Thermostat tidak bekerja, pompa air tidak berfungsi, dan atau sensor suhu mesin bermasalah,” terang Technical Service Manager Astra Motor NTB Anton Prihatno.

Baca Juga :  AHM Siapkan Ajang Adu Kreativitas Pelajar Vokasi

Seperti hal yang dialami oleh salah seorang customer pengguna sepeda motor Honda, Darmansyah warga Senteluk Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat berbagi pengalamannya saat motor Honda Vario 160 mengalami kendala. Ia kerap mengalami lampu indikator radiator pada panel speedo meternya menyala terus. Karena khawatir akan terjadi hal yang lebih parah pada motor kesayangannya, akhirnya Darmansyah meminta pertolongan Honda Care untuk melakukan pengecekan pada sepeda motornya.

Setelah di analisa oleh mekanik Honda Care, ternyata cairan pendingin pada motornya kering. Resikonya yaitu jika cairan pendingin habis atau kurang, maka tidak ada cairan untuk menjaga suhu kerja mesin dalam kondisi ideal. Meski cairan yang ada dalam tangki reservoir dalam kondisi penuh, tidak akan ada manfaatnya jika pompa air tidak bekerja dengan normal.

Baca Juga :  Yayasan AHM Berdayakan UKM untuk Tingkatkan Imun Nakes

Kipas radiator akan bekerja untuk menurunkan suhu cairan pendingin, agar cairan yang disirkulasikan ke mesin dapat menjaga suhu kerja mesin. Jika thermostat tidak bekerja atau tidak terbuka saat suhu mesin tinggi, maka cairan tidak akan bisa dialirkan ke mesin.

“Jangan lupa untuk memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu servis,” tutup Anton. (luk)

 

Komentar Anda