Cuaca Ekstrem Akibatkan Pohon Tumbang di Jalan Nasional Lombok Utara

TUMBANG: Pohon tumbang di jalan nasional di Teluk Ombal, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, KLU, Senin (22/2/2021). (IST/RADAR LOMBOK).

TANJUNG–Cuaca ekstrem yang terjadi sejak pukul 09.30 WITA sampai sore (22/2/2021) ini di Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di jalan nasional.

Adapun yang terpantau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KLU yakni pohon tumbang di jalan nasional di Teluk Kombal, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang dan di Teluk Borok, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang.

Danru III Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD KLU M. Sai mengatakan, begitu menerima laporan, TRC langsung menuju lokasi untuk menyingkirkan pohon dari jalan raya. “Tidak ada laporan korban jiwa. Hanya gangguan lalu lintas. Saat ini teman-teman sedang melakukan penanganan di lokasi. Begitu selesai di Teluk Ombal, langsug ke Teluk Borok,” jelasnya.

Melihat kondisi pohon dari perempatan Pemenang ke barat kata Sa’i, memang rentan terjadi pohon tumbang saat cuaca ekstrem, karena pohonnya besar-besar dan tua. Perlu peremajaan.

Masyarakat sendiri berharap ada peremajaan pohon dari Dinas Lingkungan Hidup KLU untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Itu harapan masyarakat agar ada peremajaan,” pungkasnya. (zul)