Ciptakan Lagu Perang Lawan Narkotika

PENTAS: Abe Ryan memainkan keyboard saat pentas di salah satu acara belum lama ini.

 Perang melawan peredaran dan penyalahgunaan narkotika dilakukan beragam cara. Melalui musik,  Abe Ryan menyuarakan perlawanannya.

 

 


NASRI BOEDJANA- MATARAM


 

Usianya masih sangat muda. Abe Ryan kini duduk di  kelas IX di SMPN 2 Mataram. Namun dia sudah gelisah dan cemas atas peredaran dan penyalahgunaan narkotika yang semakin marak. Penindakan yang dilakukan aparat bukannya menyebabkan peredaran dan penyalahgunaan narkotika ini hilang namun  semakin banyak generasi muda yang terjerumus.

Abe Ryan dikenal sebagai siswa yang menyenangi musik. Sejak belia, dia sudah belajar memainkan alat musik. Beragam alat musik bisa dimainkan seperti keyboard, gitar, bass dan drum. Bahkan dia juga sering menciptakan lagu, terutama terkait kehidupan sosial.

Lewat musik inilah, Abe Ryan menyuarakan kegelisahannya terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkotika ini. Dia menciptakan lagu tentang bahaya narkotika ini berjudul ''

 "Jarum Neraka". Dari lagu tersebut dia mengkampanyekan  bahaya narkotika. Seseorang  kalau sudah ketergantungan barang haram ini sama artinya dengan merusak diri sendiri dan masa depannya.  "Saya ingin kampanyekan anti narkoba ini melalui seni," katanya kepada Radar Lombok Kamis kemarin (24/11).

Ryan mengajak generasi muda menjauhi narkotika. Menurutnya, tidak ada untungnya mengkonsumsi barang haram itu. Yang ada justru ujung-ujungnya kesengsaraan. Lebih baik, di usia muda digunakan untuk kegiatan positif.

Ryan kini tergabung di band sekolahnya. Oleh sekolah, dia dipercaya mengkoordinir rekan-rekannya. Dia juga tergabung dengan band yang dibentuk bersama teman-teman mainnya.  Mereka sering tampil baik di lomba maupun  memeriahkan sebuah acara untuk menghibur tamu. Lagu-lagu yang dibawakan juga sebagian besar hasil ciptaannya. "Saya dan teman-teman sering manggung di acara acara peresmian," tuturnya.

Saat manggung itulah, Ryan sering  menyanyikan lagu-lagu terkait bahaya narkotika ini.Moment seperti itu dinilai bagus untuk mengkampanyekan bahaya narkotika ini. ''Saya akan terus mengkampanyekan bahaya narkoba ini,'' tegasnya.

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid