Cetak SDM Berkualitas, Astra Gandeng SMK

KERJASAMA: Region Head Astra Motor NTB, Wahyudi Saputra bersalaman dengan salah seorang Kepala SMK penerima bantuan laboratorium TSM, disaksikan Senior Manager Training Department AHM, Handy Hariko, Selasa kemarin (25/10) (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

PRAYA—PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Astra Motor Mataram  kembali menggandeng enam Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dalam mengembangkan kerjasama Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda untuk SMK di seluruh Indonesia, sebagai upaya peningkatan kwalitas siswa. Terlebih lagi dengan telah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), maka kehadiran Astra Honda Motor di sekolah sebagai saalah satu upaya menyiapkan tenaga kerja menengah yang terampil dan mampu berdaya saing.

Sebanyak enam SMK yang ada di Provinsi NTB itu diantaranya SMKN 1 Lopok, Kabupaten Sumbawa Besar, SMKN 1 Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat , SMKN 1 Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur , SMKN 1 Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, SMKN 1 Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, SMK Darul Falah Pagutan, Kota Mataram dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bertempat di SMKN 2 Praya Tengah, Selasa kemarin (25/10).

Penandatanganan MoU KTSM Honda dengan ke enam SMK ini dilaksanakan bersamaan dengan dilaksanakannya peresmian Laboratorium Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK TSM Honda SMKN  2 Praya Tengah.

Kepala SMKN 2 Praya Tengah, Akhirman Bakri, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Tengah, H. Lalu Idham Halid, Region Head Astra Motor NTB, Wahyudi Saputra, Senior Manager Training Department AHM, Handy Hariko dan juga Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Fathul Bahri.

Dengan diresmikannya 6 SMK ini, maka total sudah ada 19 SMK yang telah mengembangkan kerjasama Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda dan ini telah tersebar di seluruh kabupaten/kota di NTB.

Senior Manager Technical Training PT. AHM, Handy Hariko mengatakan penandatanganan kerjasama implementasi kurikulum TSM Honda ini diharapkan menjadi pendorong untuk pengembangan keterampilan otomotif di kalangan generasi muda di NTB di masa mendatang.

Dengan adanya kurikulum ini, AHM bersama Astra Motor selaku main dealer Honda di NTB, Handy berharap dapat berkontribusi meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja (link and match program).

“Kami berharap penandatangan kerja sama ini kurikulum TSM Honda ini tidak berhenti di sini. Tapi harus terus berlanjut hingga SMK menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang otomotif khususnya sepeda motor,” kata Handy.

Pengetahuan serta keterampilan siswanya selalu ter-upgrade sesuai perkembangan teknologi Honda. Sebagai sekolah yang berbasis teknologi di bidang otomotif khususnya teknologi roda dua (sepeda motor ) sebanyak enam SMK ini menyambut baik kurikulum teknik sepeda motor yang dikembangkan oleh pihak Honda dalam hal ini Astra Honda Motor (AHM).

Kurikulum teknik sepeda motor ini tentu akan kami implementasikan dengan mensinergikan dengan kurikulum kompetensi keahlian teknik sepeda motor sekolah. Jika merujuk pada beberapa indikator dan kompetensi dasar yang ada pada silabus teknik sepeda motor yang dikembangkan oleh astra honda motor tidaklah jauh beda dengan kurikulum yang ada di sekolah. Karena teknologi honda yang terus berkembang dengan pesat, tentu hal ini akan sangat berdampak positif khususnya kepada kemajuan mutu sekolah.

Dalam upaya merespons dan atau mengadopsi teknologi baru honda yang terus berkembang, maka menuntut peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan tadi untuk siap tampil terdepan memajukan mutu sekolah khususnya kompetensi keahlian teknik sepeda motor.

Di sisi lain persaingan untuk menuju masyarakat ekonomi asean (MEA) sangat kompetitif, maka skill peserta didik mutlak harus disiapkan lebih matang. Oleh sebab itu dengan hadirnya teknologi honda di sekolah dalam bentuk kurikulum teknik sepeda motor, akan dapat meberikan kontribusi positif bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, sehingga pada akhirnya sekolah di dalam bekerja sama dengan DU/DI akan memperoleh sesuatu yang berharga dan positif, khususnya dalam menggunakan jasa para alumni kompetensi keahlian teknik sepeda motor.

Implementasi upaya AHM mengembangkan kurikulum TSM Honda di provinsi ini didukung sepenuhnya oleh PT. Astra Motor NTB selaku Main dealer AHM untuk wilayah Provinsi NTB ini telah mengadakan beberapa program yang bertujuan meningkatkan kompetensi para guru SMK, seperti pelatihan dan sinkronisasi kurikulum.

Astra Motor NTB juga memberikan buku pedoman service dan parts catalog serta perlengkapan perbengkelan sesuai standar minimal bengkel resmi Honda atau Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Astra Motor juga mempersiapkan siswa SMK untuk magang di jaringan AHASS yang tersebar di seluruh NTB, yang saat ini sudah mencapai 74 Bengkel AHASS. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid