Cerita Risman Jadi Populer Setelah Miguel Oliveira Juara di Mandalika

TUNJUKKAN FOTO : Murtaya Risman menunjukkan salah satu fotonya bersama pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira yang jadi juara MotoGP Mandalika.(ALI (MA’SHUM/RADAR LOMBOK )

Nama Risman, seorang pegawai hotel di Mandalika mendadak menjadi perbincangan dunia. Pasalnya, pembalap Miguel Oliveira mendedikasikan kemenangannya di MotoGP 2022 Mandalika untuk Risman.

——————————————————————————————————

PEMBALAP Red Bull KTM ini jadi yang tercepat menyentuh finish pada Race MotoGP Mandalika 2022, Minggu (20/3/2022). Setelah balapan, pembalap asal Portugal itu mempersembahkan kemenangan di MotoGP Mandalika untuk orang-orang yang membantunya. Tapi siapa sangka, ia menyebut nama Risman. Nama lengkapnya adalah Murtaya Risman. Pemuda asal Sengkol, Lombok Tengah, NTB ini adalah pegawai hotel tempat Oliveira menginap.

Oliveira tampaknya cukup akrab dengan Risman meski hanya kenal beberapa hari saja. Dia berjanji akan menyebut nama Risman di televisi jika berhasil naik podium di MotoGP Mandalika. Oliviera tidak sekadar naik podium tetapi berhasil menang di Mandalika. Setelah momen tersebut, nama Risman sontak menjadi perbincangan. Bahkan nama Risman menjadi trending topik di Twitter.

Sejak namanya jadi perbincangan, banyak pihak ingin mengenal Risman lebih dekat. Risman dicari cukup banyak wartawan. Mulai dari rumah tinggalnya dan tempat kerjanya disambangi. Tapi Risman memilih rehat dan untuk bersantai bersama sahabatnya di Lombok Barat.
Saat ditemui, Risman mengaku sama sekali tidak menyangka namanya akan disebut oleh Oliveira. ‘’Istri yang telepon saya setelah dikabari sama temannya. Saya kaget ternyata benar, itu tidak hanya didedikasikan kepada putrinya. Tapi juga kepada saya,’’ ungkap Risman ditemui di Lombok Barat, Senin (21/3).
Sejak MotoGP seri pertama di Qatar, Risman mengaku terkesima dengan penampilan Oliveira. Dia pun menjagokan pembalap Portugal itu calon juara tahun ini. Dia sama sekali tidak menyangka saat MotoGP di Mandalika, Red Bull KTM menginap di Hotel Novotel tempat Risman bekerja. Dia tambah senang sebagai consierge di hotel. Dia diberi tugas untuk melayani keperluan Oliveira, orang yang diidolakannya. ‘’Dia datang hari Kamis (17/3). Sejak saat itu kami berkomunikasi,’’ kata pria 45 tahun ini.

BACA JUGA :  Kesaksian Winnie, WNA Malaysia Usai Divonis 16 Tahun Penjara

Karena komunikasi yang lancar, kedua manusia berbeda profesi ini jadi akrab. ‘’Saya tidak muluk-muluk. Saya hanya mengurus keperlua Miguel dan banyak berkomunikasi. Saya tetap yakin Miguel itu salah satu calon juara MotoGP tahun ini. Makanya saya tulis itu di Instagram saya,’’ ungkap ayah empat anak ini.

Waktu berkomunikasi dua sahabat ini tidak banyak. Berbeda dengan tamu lainnya, Risman bisa mengobrol panjang lebar dengan tamunya. Tapi tidak dengan Miguel yang memiliki jadwal padat untuk balap MotoGP. ‘’Sekali ngobrol paling 10 menit saja. Miguel itu sibuk. Saya tahu momen kapan tamu bisa diajak mengobrol. Saya sudah diajarkan seperti itu. Apalagi dia itu riders yang tidak hanya dijaga ketat. Tapi juga butuh istirahat banyak,’’ ungkapnya.

Tapi komunikasi yang singkat plus keramahan yang disajikan Risman sangat diterima Miguel dan kru Red Bull KTM. Lalu pada Jumat Malam (19/3), Miguel berkata kepada Risman, jika berhasil naik podium di seri balapan MotoGP Mandalika. Miguel tidak hanya mendedikasikan kemenangannya kepada putrinya tapi juga kepada Risman. Miguel juga berjanji akan menyebut nama Risman di televisi. ‘’Ternyata itu benar. Saya tidak bisa berkata-kata,’’ terang pria yang jago main bola itu.
Risman punya cerita tentang foto viralnya bersama Miguel. Di foto yang diunggah di Instagram, Risman terlihat memanggul Miguel di belakangnya. Saat itu, kata Risman, dirinya sangat yakin Miguel akan menjadi juara. ‘’Saya bilang saya siap jadi KTM (motor) kamu. Saya akan panggul kamu sampai finish,’’ kata Risman.

Setelah namanya disebutkan Oliveira, Risman kini menjadi terkenal. Jagat Twitter dan Instagram dipenuhi oleh foto Risman bersama Oliveira. Akun Twitter Menteri BUMN, Erick Thohir juga berkomentar tentang Risman. Erick mengatakan, masih ingin balik ke Lombok karena belum berfoto bersama Risman. ‘’Rasanya jadi ingin balik lagi. Masih kurang foto dengan Pak Risman, yang membuat harum nama bangsa dengan mencerminkan keramah-tamahan orang Indonesia,’’ Twit Erick Thohir seraya menambahkan tanda jempol.

BACA JUGA :  Mengunjungi Kerajaan Bisnis Keluarga Faber di Indonesia

Lain Erick Thohir, lain pula tanggapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Sandiaga bahkan menelepon dan berbicara dengan Risman. Namun pembicaraan itu sempat terganggu karena kalimat yang disampaikan Risman beberapa kali terjeda. Hingga akhirnya Sandiaga mengatakan Risman perlu mengganti handphone. Menteri Sandiaga pun bersedia memberikan hadiah handphone untuk Risman. ‘’Karena sambungan telepon putus-putus. Beliau bilang seperti itu (kasi hadiah),’’ kata Risman.

Risman tidak menyangka tugasnya diapresiasi banyak pihak. Bahkan Sandiaga Uno menawarinya untuk menjadi duta pariwisata. Dia mengaku bersyukur atas apresiasi yang diterima. ‘’Terima kasih Pak Erick Thohir. Terima Kasih Pak Sandiaga Uno. Saya bangga sebagai orang yang bekerja di pariwisata. Mungkin pelayanan pariwisata diwakilkan oleh saya. Padahal kita semua di sini sama. Ramah tamahnya bagaimana. Kita melayani orang dengan cara yang luar biasa. Saya juga bangga mewakili semua lapisan masyarakat di sini,’’ pungkasnya.
Salah satu rekan Risman, Yulias Erwin menambahkan, keramahan Risman memang cerminan orang Sasak. Dia tidak kaget jika Miguel Oliveira terkesan dengan keramahan Risman bertugas. Karena keramahannya, Risman pernah ditawari bertugas di luar negeri. ‘’Ini gambaran masyarakat Lombok selatan. Mungkin filosofisnya bahwa kami selalu menerima orang siapapun yang datang. Karena image Lombok selatan itu tentunya tidak seperti yang digambarkan selama ini. Keramahan kita ini tidak dibuat-buat,’’ kata Erwin.(Ali Ma’shum)

ALI MA’SHUM/RADAR LOMBOK
TUNJUKKAN FOTO : Murtaya Risman menunjukkan salah satu fotonya bersama pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira yang jadi juara MotoGP Mandalika.