Cerita BAIQ Yolanda Afriliana, Runner Up Pertama Duta Lingkungan Indonesia 2020

BERPOSE: Baiq Yolanda Afriliana (tengah) berfoto bersama penyelenggara dan pendamping Pemilihan Duta Lingkungan Indonesia 2020, di Makasar belum lama ini. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

Baiq Yolanda Afriliana merupakan salah satu peserta Duta Lingkungan Indonesia 2020. Dara cantik ini menjadi runner up pertama atau juara kedua pada ajang pemilihan Duta Lingkungan Indonesia 2020.


Janwari Irwan-Lombok Timur


BAIQ Yolanda Afriliana Perempuan kelahiran 8 April 1998 asal Kecamatan Sakra ini berhasil menjadi yang terbaik berkat kampanye go green dan kepedulian terhadap pendidikan di lingkungannya dua selempang juara, sebuah piala, dan sertifikat ia bawa pulang dengan perasaan bangga.

Selempang itu bertuliskan runner up I Duta Lingkungan Indonesia 2020, dan Best Talent Duta Lingkungan Indonesia 2020.“Proses tak akan menghianati hasil,” ujar Yolanda saat dihubungi Radar Lombok.

Meski pemilihan Duta Lingkungan Indonesia 2020 tak semeriah tahun sebelumnya ceritanya, pandemi Covid-19 membuat acara tersebut harus diundur. Seharusnya grand final diadakan Maret lalu. Karena ia terpilih sebagai Duta Lingkungan NTB pada 2019 lalu. ‘’ Untuk acaranya ini dilaksanakan di Makasar pada 15 November lalu, dan yang dipanggil naik ke podium hanya tiga terbaik saja, dan saya termasuk salah satunya,” jelasnya.

Yola yang saat ini tengah menempuh pendidikan semester tujuh di Fakultas Tarbiyah IAIH NW Pancor menyampaikan,  pemilihan Duta Lingkungan Indonesia 2020 di Makasar dihadiri seorang diri dari NTB. Tidak seperti daerah lain, yang datang bersama rombongan. Meski demikian, ia tidak merasa sedih.

Meski berangkat seorang diri tak menyurutkan semangatnya membawa nama NTB di kancah nasional. Hal itu ia buktikan dengan membawa pulang piala juara. Meski runner up pertama, itu sudah sangat membanggakan baginya. “Juara pertama tuan rumah,” kata Yolanda.

Selain juga, katanya, Yola sebelumnya mengikuti seleksi di tingkat Provinsi NTB yang diseleksi langsung oleh panitia nasional, pada Oktober 2019 lalu dan terpilih sebagai duta lingkungan NTB, kemudian melenggang ke tingkat nasional. Selain prestasi tersebut, Yola juga pernah meraih juara tingkat nasional lainnya, yakni Talented Putri Taruna Nusantara Tk. Nasional 2019 dan Putri Berbakat Wajah Bintang Indonesia 2019 di Jakarta.

Sebagai runner up pertama Duta Lingkungan Indonesia 2020, Yolanda mengatakan akan melanjutkan program yang sudah ia jalankan sebelumnya. Hal itu adalah bakti lingkungan yang dilaksanakan dengan kampanye go green, beach clean up, dan penanaman pohon.

Tidak hanya itu, ia juga akan merambah ke lingkungan pendidikan. Salah satu yang direncanakannya adalah membuka donasi buku layak baca untuk didistribusikan ke pelosok desa. “Karena saya melihat distribusi buku layak baca belum merata,” terangnya. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui camat sakra Ahmad Subhan menyampaikan nama masyarakat Kecamatan Sakra mengapresiasi dan bangga atas prestasi yang telah diraih Baiq Yolanda. Ini menunjukkan bahwa NTB khususnya Kabupaten Lombok Timur memiliki potensi SDM yang luar biasa di Kecamatan Sakra. Masih banyak potensi-potensi SDM yang yang kita angkat ke permukaan, ini ibarat mutiara yang terpendam. (**)