Cegah Tiga C, Kapolsek Sakbar Kumpulkan Kades

Iptu Totok Suharyanto (JANWARI IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—Maraknya aksi pencurian di wilayah Kecamatan Sakra Barat (Sakbar) sejak beberapa bulan terakhir, membuat Kapolsek Sakbar yang baru menjabat, Iptu Totok Suharyanto, berencana akan mengumpulkan semua Kepala Desa (Kades) di wilayah Sakbar.

“Mengatasi 3C (Curat, Curas dan Curanmor) kita tidak bisa bekerja sendirian. Namun kita akan bekerja sama dengan semua Kades dan Babinsa (Bintara Pembina Desa), untuk sama sama menjaga keamanan,” Katanya Selasa (18/10).

Disampaikan Kapolsek, wilayah Sakbar yang merupakan daerah perbatasan antara Lombok Timur dengan Lombok Tengah, tentu harus betul betul diperhatikan. Jangan sampai Sakbar dijadikan sebagai sasaran empuk bagi para “pencari rizki malam hari”.

Dengan begitu lanjut mantan Kapolsek Sumbawa ini, pihaknya akan mengumpulkan semua Kades, mengajak mengaktifkan kembali ronda-ronda malam yang akan dilukukan oleh semua masyarakat, yang akan di bantu oleh polisi dan petugas  keamanan lain.

“Seharusnya ronda malam ini sudah di mulai. Namun banyak masyarakat yang masih sibuk ngurusin tembakaunya, makanya kita tunda dulu sampai masyarakat sudah siap untuk melakukan ronda malam,” ujarnya.

Selain ronda malam lanjutnya, anggota Polsek Sakbar juga akan selalu melakukan patroli ke semua wilayah di Sakbar. Patroli secara rutin, diharapkan bisa mengurangi niat pelaku melakukan pencurian. “Ketika kita patroli, kemungkinan kalau ada niat masyarakat yang berniat jahat bisa dibatalkan,” harapnya.

Sementara guna melayani masyarakat dengan baik, sekaligus merubah citra anggota Polisi Sakbar, pihaknya juga akan memberikan pinjaman fasilitas polisi yang sebenarnya milik masyarakat, namun tidak di manfaatkan dengan baik. ”Contohnya mobil patroli, ini milik masyarakat. Jadi ketika dibutuhkan oleh masyarakat untuk pengawalan dan pengamanan, kita akan berikan dia. Bukan hanya akan diparkir dan simpan saja,” jelasnya. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid