CCI Seri ke-31 Digelar di Lombok Barat

GIRI MENANG–Customs Cycling Indonesia (CCI) rencananya akan digelar di Lombok Barat Desember 2019 mendatang.

Segala persiapan pelaksanaan balap sepeda jalan raya ini dibahas melalui pertemuan di Aula Kantor Dinas Pariwisata Lombok Barat, Senin (11/11/2019).

Mewakili panitia pusat CCI, Irham menjelaskan, secara nasional, CCI digelar sejak 2010. Untuk CCI seri ke-31 akan digelar di Kabupaten Lombok Barat dengan label Bupati Cup.

Menurut Irham, pihaknya menggelar kegiatan serupa paling sedikit tiga kali dalam setahun. “Tiap tahun yang ketepatan itu pindah-pindah. Seri yang ke-30 puluh Oktober lalu digelar di Purworejo-Jawa Tengah,” jelas Irham di hadapan Bupati Lombok Barat, Asisten I, Kadis Dikpora, Perwakilan Kapolres Lobar, Ketua KONI Lobar, Ketua ISSI Lobar, Ketua KNPI Lobar serta sejumlah perwkilan OPD terkait.

Irham melaporkan, CCI yang ke-31 di Lombok Barat ini sasaran pesertanya bervariasi. Peserta umur 16 tahun ke bawah dengan kategori putri, 17 tahun ke atas putra putri dan 19 tahun ke atas putra puti. Nomor yang dilombakan ada 3 kategori.

Pada hari pertama kelas Individual Time Trial (ITT), berlangsung di Senggigi pada hari Jumat, 6 Desember 2019. Rute yang ditempuh sepanjang 9,4 KM dengan start mulai jam 06.00 -10.30.

Untuk hari ke dua, Irham melaporkan, Sabtu 7 Desember 2019 untuk nomor Road Race atau Circuit Race dengan start/finish di Kantor Bupati Lombok Barat dari pukul 07.30-11.00.

Rute yang ditempuh sepanjang 110 km. Rute yang cukup ekstrim ini akan menjelajahi 3 kecamatan masing-masing Kecamatan Gerung, Lembar dan Sekotong. Karena peserta akan melewati kota Gerung, Lembar, melalui tanjakan Gerepek-Sekotong-Pelangan-Mekaki-Buwun Mas-Sekotong dan finis di Kantor Bupati.

Sedangkan hari ketiga dengan nomor Criterium sepanjang 1,46 KM/Lap. dengan rute jalan Sukarno-Hatta Gerung. Ketiga nomor ini lanjut Irham, basicnya balap sepeda jalan raya. Bahkan Irham mengajak melihat Tour The France, selalu ada ketiga nomor ini.

“Kalau rencana kita ini, kita berharap muncul bibit-bibit atlit balap sepeda di Lombok Barat,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid meminta, secara budget tidak ada yang harus disiapkan dalam kegiatan ini, karena informasi baru didapatkan sepekan yang lalu. Namun dari komunikasi, pemerintah daerah kata bupati, siap mengakomodir dari sisi di luar budget.

“Jika kegiatan ini sukses, mudah-mudahan selanjutnya menjadi event tiap tahun. Kita bedoa agar rencana kegiatan ini sukses,” harap bupati optimis.

Untuk mempersiapkan segala kebutuhannya, pihak tim CCI meminta pemerintah daerah mengerahkan anggotanya untuk pengamanan terutama dari wilayah yang dilalui, termasuk membuat pos-pos kesehatan, truk untuk mengangkut peserta yang mungkin celaka, rusak sepeda atau insiden lainnya. Selain itu, pihak pemerintah daerah juga diminta untuk menjemput peserta yang menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Lembar menuju hotel penginapan peserta.

Untuk membicarakan hadiah trophy dan lainnya, masih perlu dibicarakan pada pertemuan selanjutnya. Masih ada waktu untuk mengelar pertemuan, meskipun kegiatan ini akan digelar awal bulan depan. Sedangkan pendaftaran peserta, dimulai hari Kamis, 5 Desember 2019. (*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid