Catat Tanggalnya, Bau Nyale akan Digelar Bulan Depan

BAU-NYALE
SANGKEP : Para tokoh adat dan tokoh masyarakat selatan saat menggelar sangkep memutuskan pelaksanaan Bau Nyale kemarin (10/1). (M. Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYA – Sangkep warige(rapat warga) yang digelar tokoh adat dan tokoh masyarakat Lombok Tengah memutuskan  event Bau Nyale akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari mendatang. Sangkep berlangsung di Desa Adat Ende Kecamatan Pujut dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Tengah H. Lalu Putria, Camat Pujut Lalu Sungkul, serta para tokoh adat dan tokoh masyarakat Pujut dan sekitarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Tengah H. Lalu Putria menyampaikan, Bau Nyale sudah disepakati waktunya. Bau Nyale katanya, bukan semata kegiatan pariwisata, melainkan tradisi rakyat yang turun-temurun dan dilestarikan sampai saat ini.” Bau Nyale sebagai momen untuk kita tunjukkan kepada dunia bahwa inilah peninggalan leluhur kita yang harus tetap dijaga kelestariannya. Agar kedepan anak cucu kita bisa merasakan tradisi yang selalu kita laksanakan setiap tahun ini,” ungkap Putria.

Bau Nyale adalah event nasional yang menjadi andalan Pemkab Lombok Tengah secara khusus dan Pemprov NTB secara umum untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya.” Ditambah dengan keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang menjadi prioritas nasional sebagai salah satu cara mempromosikan pariwisata kita kepada dunia,” jelasnya.

BACA JUGA: Melihat Ritual “Rowah Segare” Masyarakat Desa Kuta

Pemkab Lombok Tengah akan melaksanakan berbagai kegiatan pendukung.” Sebelum pelaksanaan Bau Nyale, kita akan melaksanakan berbagai kegiatan seperti parade budaya, pemilihan Putri Mandalika, festival Gendang Beleq, lomba paralayang, voli pantai tingkat dunia dan ada hiburan baik dari musik tradisional maupun modern. Ada juga kit gelar zikir dan doa,” jelasnya.(met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid