Capres Ganjar Pranowo Sapa Masyarakat NTB

Ganjar Pranowo (Foto istimewa)

MATARAM — Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo selama dua hari menyapa masyarakat di NTB. Kunjungan diawali oleh mantan Gubernur Jawa Tengah itu dengan bertandang ke Kota Bima dan Kabupaten Bima, Sabtu (2/12) lalu. Selanjutnya Politisi PDIP itu menyapa masyarakat NTB yang ada di pulau Lombok.

Ada sejumlah agenda kampanye yang dilakoninya, diantaranya Capres Ganjar berdialog dengan kelompok generasi Z dan milenial yang ada di Kota Mataram.

Kesempatan itu, Ganjar juga didampingi sejumlah pimpinan Parpol koalisi pengusung di NTB, yakni Ketua DPD PDIP NTB, Rachmat Hidayat, Ketua Harian DPP Perindo, Dr TGB Zainul Majdi, dan Ketua DPW PPP NTB, Muzihir.

Menariknya, ketika agenda kampanye Ganjar berdialog dengan generasi Z dan milenial itu hadir juru bicara paket Anies-Muhaimin (AMIN), Dr Zulkiflimansyah yang juga mantan Gubernur NTB.

Ganjar juga berkesempatan olahraga mengikuti Car Free Day (CFD) pada Minggu pagi (3/12) di Jalan Udayana, Kota Mataram. Seorang pedagang kaki lima (PKL) yang menjual jajanan dibuat terkejut, lantaran dagangannya diborong oleh Ganjar. “Jualan apa Pak?” sapa Ganjar.

Pedagang bernama Suhaili itu pun menjawab bila ia berjualan pisang rebus, kacang rebus, dan kacang. Setelah mendapat penjelasan itu, Capres nomor urut 3 ini pun langsung memborong semuanya. “Berapa semuanya ini pak,” tanya Ganjar.
“Seratus empat puluh ribu,” jawab Suhaili.

Tanpa banyak Tanya lagi, dagangan dari Suhaili pun kemudian dibayar oleh Ganjar, dan dibagikan kepada masyarakat yang tengah mengerubunginya. “Ini, satu-satu ya. Satu-satu,” ucap Ganjar membagikan pisang rebus.

Simpatisan dan relawan Ganjar yang menyertai pun girang, karena mendapat aneka jajanan rebus dari Ganjar. Sementara Suhaili yang dagangannya diborong Capres Ganjar, mengaku terharu. Ia terkejut karena semua dagangannya langsung habis. Karena biasanya ia harus menunggu hingga CFD usai, baru pulang. “Senang, tidak menyangka tadi bapak (Ganjar Pranowo) beli semua,” katanya.

Ia mengaku uang yang diberikan Ganjar untuk memborong dagangan melebihi harga asli dagangannya. Doa pun disampaikan untuk suami dari Hj Atiqoh (Ganjar) ini. “Semoga beliau sehat selalu. Terima kasih Pak Ganjar,” ucapnya.

Kemudian pada pukul 10.00 Wita, Capres Ganjar melakukan tatap muka dan konsolidasi dengan kader Parpol pengusung dan sejumlah kelompok relawan pendukung. Dalam konsolidasi tersebut, mantan Anggota DPR RI ini dalam arahannya meminta dua hal kepada kader Parpol pengusung dan kelompok relawan pendukung.

Pertama; memberikan edukasi kepada masyarakat pemilih terkait mekanisme pemilihan. Sebab itu, dia meminta kepada kader Parpol dan kelompok relawan, agar tidak lengah pada teknis Pemilu, karena masyarakat butuh latihan untuk memilih, mengingat banyak pemilih pemula dan banyak yang harus dipilih.

Selanjutnya kedua; kader Parpol pengusung dan kelompok relawan harus mensosialisasikan visi misi pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud, kepada masyarakat pemilih yang ada di NTB secara luas.

Jika ada persoalan yang terjadi di tengah masyarakat, ia meminta kepada kader partai dan relawan agar mendengarkan apa menjadi aspirasi dan kehendak masyarakat tetsebut. “Jika ada persoalan, dengarkan suara mereka, tulis dan sampaikan kepada kami,” pintanya.
Menurut Ganjar, menyakinkan pemilih tentang program-program tersebut sangat penting. Pasalnya, hal itu akan menuntun masyarakat dalam menentukan arah pilihannya. “Harus diperkenalkan dan disampaikan apa visi misi Ganjar-Mahfud,” tandasnya.

Kesempatan itu, Ganjar juga mengingatkan kepada para calon anggota legislatif (Caleg) dari Parpol koalisi pengusung di NTB, agar tidak melupakan janji-janji politik kepada masyarakat jika nanti terpilih pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. (yan)

Komentar Anda