Camat Welak Gelar Study Banding ke Rensing Raya

STUDY BANDING: Tampak Camat Welak (menggunakan top), yang didampingi oleh Kades Rensing Raya dan rombongannya, ketika melakukan studi banding ke Desa Rensing Raya, Jumat (3/3) (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—Memaksimalkan pelaksanaan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Pemerintah Kecamatan Welak dan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, melakukan study banding ke Desa Rensing Raya, Kecamatan Sakra Barat, Lotim.

Kunjungan kerja itu dilaksanakan pada hari Jum’at (3/3), diikuti oleh Pemerintah Kecamatan  Welak, yang terdiri atas Petugas Kesling Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Petugas Promkes pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan para petugas Puskesmas.

Camat Welak, Velik Janggur, mengatakan terpilihnya Desa Rensing Raya sebagai tempat study banding, karena desa ini dinilai telah berhasil menerapkan strategi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan Desa Sehat dengan mendekralasikan diri sebagai Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Berdasar telaahan, wilayah Lombok Timur memang telah memiliki masyarakat yang sadar akan kebersihan dan kesehatan lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat yang cukup bagus, sehingga sangat patut di jadikan contoh,” ungkapnya kepada Radar Lombok, kemarin.

[postingan number=3 tag=”lotim”]

Dari hasil kunjungan kerja ini sambungnya, kemudian akan diterapkan di Kecamatan welak dan Kabupaten Manggarai umumnya, sehingga program STBM lima pilar bisa berjalan dengan baik, dan masyarakat bisa bebas dari buang air sembarangan. ”Apa yang kita dapatkan di desa ini akan kita terapkan di sana besok,” jelasnya.

Disampaikan, study banding yang dilakukan oleh Kabupaten Manggari ini terdiri dari enam tim, yang tersebar di 6 kecamatan dan 6 desa, dimana hasilnya nanti akan dipadukan, dan dijadikan sebagai bahan kedepannya. ”Jadi apa yang kami dapatkan disini akan kami kembangkan ke desa kami, sehingga menjadi desa yang baik,” harapnya.

Sementara Kepala Desa Rensing Raya, Munawir Haris menyampaikan terima kasih kepada rombongan Camat Welak dan dinas terkait, yang telah menyempatkan diri untuk menyambangi dan memilih Desa Rensing  Raya sebagai tempat study banding. Disampaikan, pada tahun 2017 demi medukung program STBM lima pilar, pihak desa sudah menganggarkan sebanyak Rp 250 juta, yang diperuntukkan menunjang program STBM lima pilar.

”Jadi mereka memilih Desa Rensing Raya ini karena berdasarkan data yang diberikan oleh kabupaten yang merupakan data riil, dan sudah pasti kalau Desa Rensing Raya merupakan salah satu desa yang bersih, bebas dari buang air bersih,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap pada Pemkab Manggarai untuk terus bekerjasama dalam mengembangkan dan berbagi ilmu, sehingga masyarakat yang dipimpin menjadi sejahtera, bebas dari penyakit, dan tetap menjaga kebersihan lingkungan. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid