Camat Terara Siap Sambut BBGRM

Baiq Wirenegarawarti (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—Menyambut kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) yang akan dipusatkan di Kecamatan Terara, pada 22 April mendatang, berbagai persiapan telah dan sedang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Terara.

Camat Terara, Baiq Wirenegarawarti mengatakan, pelaksanaan BBGRM Lotim ini sebenarnya ditujukan untuk Desa Terara. Namun karena Desa Terara tepat berada di jantung kota Kecamatan Terara, maka segala persiapan tentu akan dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Terara, yang berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Terara.

“Tema yang akan diambil dalam BBRGM ke XIV ini yaitu, dengan BBRGM kita daya gunakan peran lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintah desa, dan dengan BBRGM kita gerakkan partisipasi masyarakat untuk pembangunan dan percepatan cakupan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun di Lombok Timur,” ungkapnya, Senin (17/4).

Disampaikan, BBRGM ini nantinya akan menggelar berbagai kegiatan, diantaranya akan ada pembuatan akta kelahiran secara gratis yang dilakukan oleh  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) bagi sebanyak 50 orang untuk masyarakat Desa Terara. “Selain pembuatan akta gratis, juga akan ada khitanan masal dan pengobatan gratis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedjono Selong,” terangnya.

Tak hanya itu sambungnya, dalam BBRGM nanti juga ada pelayanan pemasangan KB yang akan dilaksanakan oleh BP3AKB, penyerahan secara simbolis Kartu Indosia Sehat (KIS) sebanyak 5.500 lembar, yang akan dilakukan oleh Dinas Sosial Lotim. “Juga akan dilakukan pameran mini produk unggulan desa,” jelas Camat.

Agar kegiatan berjalan lancar, tentunya harus ada dukungan dari pemerintah desa, serta masyarakat. Terutama dalam memamerkan produk unggulan masing-masing desa, serta beberapa kebutuhan lainnya. ”intinya, pemerintah desa mengaku siap dengan adanya kegiatan BBRGM yang akan berlangsung selama sebulan mendatang,” tegas Camat.

Sementara Kepala Desa Terara, Ihkwan mengatakan dalam BBRGM yang akan dilaksanakan didesanya, berbagai persiapan telah dilakukan. Terutama menyiapkan berkas persyaratan pembuatan akta kelahiran gratis bagi masyarakatnya.

“Selain itu, pihaknya juga akan mengerahkan masyarakat Desa Terara untuk ikut berpartisipasi, dan bergotong-royong. Sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan sesuai keinginan,” singkatnya. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid