Calon Keliling Kampung Kampanyekan Pilkadus Damai

KAMPANYE DAMAI : Para calon di Desa Kuripan bersiap keliling kampung mengkampanyekan Pilkadus damai kemarin (Rasinah Abdul Igit/Radar Lombok)

GIRI MENANG– Desa Kuripan Kecamatan Kuripan menjadi satu-satunya desa di Lombok Barat yang menggelar pemilihan kepala dusun (Pilkadus) serentak. Hebatnya kemarin, belasan calon Kadus keliling kampung mengkampanyekan Pilkadus damai. Iring-iringan kendaraan dikawal oleh aparat kepolisian.

Di Desa Kuripan, ada 4 dusun yang akan menggelar Pilkadus serentak masing-masing Dusun Iting, Monto, Sedayu dan Doe Pelet. Total calon Kadus ada 11 orang. Paling banyak calon ada di Dusun Monto yakni 5 orang. “ Ini cara kami membangun demokrasi di tingkat bawah, dari tingkat Kadus. Para calon dan warga harus memahami bahwa Pilkada, Pilkades, atau Pilkadus adalah proses politik yang harus dilaksanakan dengan damai, bukan tegang-tegangan,” ungkap Kepala BPD Kuripan, Hasbi, kepada Radar Lombok di sela-sela kegiatan.

Kampanye damai dengan keliling kampung dimulai sekitar pukul 16.00 Wita. Seluruh calon Kadus naik di satu kendaraan bak terbuka ditemani Kades setempat, Mastur. Kendaraan calon dikawal oleh kendaraan kepolisian. “ Kuripan menjadi yang pertama menggelar Pilkadus serentak. Yang lain belum berani. Kemarin mau melaksanakan serentak, tapi tidak jadi,” ungkap Hasbi.

Pada Pilkadus mendatang, panitia akan membuat beberapa TPS dengan total pemilih sekitar 3.500 orang. Pemilihan ini mengacu pada Peraturan Desa Kuripan nomor 4 tahun 2016 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Kadus.(git)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid