Calon Direksi dan Komisaris BUMD Diseleksi

Calon Direksi dan Komisaris
UJI KOMPETENSI: Kabag Ekonomi Setda KLU Wahyu Darmawansyah bersama penguji membuka pelaksanaan tes seleksi calon direksi dan komisaris BUMD PT Tioq Tata Tunaq di RM. Rumah Makan Langko, Mataram, kemarin.(ist/radar lombk)

TANJUNG–Sebanyak lima orang mendaftar sebagai direksi dan komisaris BUMD PT Tioq Tata Tunaq  Kabupaten Lombok Utara (KLU). Lima orang ini mengikuti tes kompetensi bidang keahlian di RM. Rumah Langko, Mataram. Seleksi ini berlangsung pada 21-22 November 2019.

Adapun nama-nama yang diseleksi yakni Suwandi melamar komisaris BUMD, kemudian Opin Septiawan, Denda Suriasari, Hesty Rahayu, dan Juanka Juliantrop melamar sebagai direksi BUMD. “Tahapan seleksi direksi dan komisari BUMD yang dibuka selama 14 hari, ada empat pelamar direksi dan satu pelamar komisaris,” terang Kabag Ekonomi Setda KLU, Wahyu Darmawansyah kepada Radar Lombok, Senin (21/10).

Tes kompetensi terdiri dari psikotes, pemaparan karya tulis, tes tulis, dan wawancara. Tes ini bekerja sama dengan BKD NTB yang memiliki pengalaman dalam seleksi pejabat. Kemudian ada juga dari unsur profesional yakni PT Gerbang NTB Emas, Universitas Mataram, dan tokoh masyarakat. “Kita menggunakan lima penguji pansel sesuai aturan,” jelasnya.

Ia sendiri belum mengetahui, apakah BUMD ini menggunakan satu direksi dan satu komisaris atau dua direksi dan dua komisaris. Itu tergantung keputusan pimpinan daerah selaku pemegang saham. “Nanti kita melihat hasil nilainya, baru kami bisa serahkan ke Pak Bupati untuk memutuskannya. Karena beliau itu selaku pemilik saham daerah,” katanya.

Hasil tes diumumkan minggu depan. Pekan ini penilaian oleh tim pansel. “Nanti sampaikan minggu depan setelah ada hasil penilaian,” pungkasnya. (flo/*)