Cabor Karate Belum Bisa Sumbang Medali

ATLET : Inilah salah satu atlet Karate NTB, Abdira Nadirasi yang belum bisa sumbang medali di PON XX Papua 2021. NASRI/RADAR LOMBOK)

JAYAPURA – Cabang Olahraga (Cabor) Karate belum bisa menyumbangkan medali buat NTB di ajang PON XX Papua 2021. Karena dua atlet yang dikirim harus terpaksa gugur lebih awal di babak kualifikasi.

Kedua karateka yang diturunkan cabor Karate itu terdiri dari Ahmad Zigi Zaresta Yuda di nomor KATA Perorangan Putra dan Abdira Nadirasi nomor Kumite Putri. Kendati demikian, dari kedua atlet itu harus gugur lebih awal, karena terhenti di babak kualifikasi.

“Tidak bisa kita salahkan perjuangan atlet. Yang jelas mereka sudah berusaha maksimal untuk NTB. Soal hasil kita tidak bisa paksakan,” kata Ketua Kontingen NTB H Mori Hanafi, Rabu (13/10).

Menurutnya, penampilan Zigi di nomor KATA sudah bagus. Namun ada insiden, di mana Zigi terpeleset dan gerakannya menjadi sedikit goyang. Akibatnya penampilan dan kerapian Zigi tidak bisa meraih poin. Dengan demikian, Zigi harus mengakui kekalahan dan gugur di babak kualifikasi.

BACA JUGA :  Hari Ini Tim Futsal NTB Lawan Tim Jabar di Semifinal

Begitu juga dengan Nadira, karateka yang turun di nomor Kumite itu sudah tampil dengan bagus. Namun karena sosok Nadira belum memiliki pengalaman yang mumpuni. Pasalnya, penampilannya di PON XX Papua 2021 ini merupakan penampilan perdananya di ajang multievent olahraga nasional.

“Semua penampilan atlet bagus, perjuangan mereka kita apresiasi, artinya tidak ada yang mau kalah. Tapi begitulah momen, tidak bisa kita pastikan,” lanjutnya.

Ketua KONI NTB H Andy Hadianto mengatakan, cabor Karate belum punya keberuntungan sumbang medali. Namun hasil positif yang berhasil diraih sejumlah atlet NTB cukup menghibur rasa lelah Kontingen NTB. Bagaimana tidak, Raihan emas ini ternyata hampir setiap hari didapatkan oleh atlet NTB dari sejumlah cabor yang berhasil menuntaskan pertandingannya dengan maksimal.

BACA JUGA :  Pencak Silat Gagal Pertahankan Tradisi Emas

Kendati demikian, Andy meminta dan tetap berharap agar seluruh Kontingen NTB, diantaranya para atlet dan pelatih untuk tetap semangat dalam berjuang. Begitu juga dengan warga NTB yang selalu setia memantau dan mendukung para atlet yang sedang berjuang di Bumi Cendrawasih, Papua.

“Luar biasa perjuangan atlet kita. Semoga raihan emas ini terus bertambah hingga terwujud target 17 medali emas sesuai target,” harapnya. (rie)