Cabor Golf NTB Pastikan Kirim Atlet di Pra-PON 2023

H Khairul Warisin Dilantik Menjadi Ketua Pengprov PGI NTB

Pelantikan PGI NTB
POSE BERSAMA : Gubernur NTB H Zulkieflimansyah pose bersama pengurus Pengprov PGI NTB periode 2022-2023 H Khairul Warisin dan jajaran.

MATARAM – Pengprov Persatuan Golf Indonesia (PGI) NTB periode┬áresmi dinakhodai H Khairul Warisin untuk periode 2022-2026. Pelantikan H Khairul Warisin sebagai Ketua Pengprov PGI NTB dilakukan langsung oleh Wasekjen PB PGI dihadiri juga Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, di Hotel Santika Mataram, Rabu (23/11).

Cabor Golf terbilang sebagai salah satu cabor yang sempat mati suri. Namun cabor Golf memastikan mengirim atletnya di ajang Pra-PON 2023 nanti. Ini langkah awal bukti keseriusannya memajukan olahraga Golf sebagai olahraga prestasi dan rekreasi.

“Kita pasti turunkan atlet di Pra-PON. Tapi sebelumnya kita harus bahas dulu di Rakaerda. Setelah itu kita petakan atlet muda potensial,” beber Ketua Pengprov PGI NTB Khairul Warisin usai di lantik.

Dikatakannya, olahraga Golf bukanlah olahraga ekslusif dan mahal seperti yang disangkakan selama ini. Cabor Golf ini tidak jauh beda dengan cabor yang lain, sehingga persepsi yang selama ini berkembang harus dihilangkan. Upaya ini akan dilakukan dengan menggelar sosialisasi ke sejumlah sekolah di NTB.

Sosialisasi ini akan dilakukan secara bertahap, sehingga regenerasi atlet golf di NTB benar-benar terwujud, termasuk selama bulan ini akan dimanfaatkan dengan pemetaan atlet potensial yang siap dikirim menjajal Pra-PON, agar bisa tampil di PON Aceh-Sumut 2024 nanti.

“Sementara ini memang atlet Golf lebih banyak dari kalangan usia 40 tahun ke atas. Tapi ada juga anak muda yang mulai gemar, namun masih di klub-klub,” katanya.

Dengan demikian, sejumlah anak muda yang potensial ini akan digodok dalam beberapa kesempatan, sehingga persiapan mereka di PON Aceh-Sumut 2024 dan PON NTB-NTT 2028 juga bisa lebih siap. Diakuinya, cabor Golf selama ini belum begitu fokus terhadap olahraga prestasi. Karena meski turun di kejuaraan, itu bukan bersifat kejuaraan prestasi, melainkan kejuaraan yang diadakan klub.

Namun PGI NTB saat ini berkomitmen untuk terus terlibat pada ajang olahraga prestasi. Dengan mengikuti sejumlah Kejuaraan Nasional, Pra-PON dan sejenisnya. Potensi-potensi yang ada akan digali dan dibahas dengan matang pada saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang digelarnya usai dilantik.

“Yang jelas cabor Golf akan berbenah untuk lebih baik lagi. Potensi di Olahraga Golf sangat banyak, termasuk soal Sport Tourism juga. Tapi ini semua akan kita benahi dengan perlahan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KONI NTB H Mori Hanafi mengatakan, sejumlah cabor yang sempat mati suri kini mulai aktif dan muncul kembali. Kondisi ini sebutnya sebagai awal kebersamaan olahraga prestasi di NTB. Semangat berjuang memajukan olahraga prestasi di NTB akhirnya bangkit secara bertahap. Salah satu yang menjadi harapan besarnya adalah cabor Golf sudah mengukuhkan pengurus barunya. Diketahui, cabor Golf merupakan salah satu cabor yang dipertandingkan pada PON Aceh-Sumut 2024 nanti. Lokasi pertandingan cabor Golf berlangsung di Sumut.

“Ini kesempatan sekaligus angin segar bagi Olahraga NTB. Cabor Golf memiliki banyak manfaat dari sisi sport tourism dan prestasi,” tutupnya. (rie)

Komentar Anda