Butuh Keajaiban untuk Bisa Meraih Posisi Empat Besar

Manchester City
AMANKAN POIN: Salah satu tim yang harus mengamankan poin adalah Manchester City demi bisa berada di posisi 4 besar EPL. (Ist/Radar Lombok)

LONDON–Gelar Premier League sudah di tangan Chelsea. Tottenham Hotspur juga memastikan diri sebagai runner up. Tetapi, daya tarik premier league belum berakhir.

Adalah dua posisi terakhir yang diperebutkan di empat besar bakal menjadi menu khusus di pekan terakhir. Ada tiga klub memperebutkan dua tempat terakhir di zona Liga Champions. Laga ketiga klub di layak disaksikan di matchday pamungkas yang digelar serentak, Minggu, 21 Mei.

Melihat klasemen sementara, Manchester City yang ada di posisi ketiga dengan poin 75 punya peluang terbesar untuk mendampingi Chelsea dan Tottenham. Di laga terakhir kontra Watford, The Citizens hanya butuh imbang agar finis di posisi keempat atau zona playoff Liga Champions.

Mengacu peraturan Liga Inggris yang menentukan posisi tim atas selisih gol dan jumlah gol yang dicetak jika ada dua tim yang mengemas poin sama di akhir kompetisi, City masih berpeluang besar untuk lolos kendati kalah di markas Watford. Mereka punya selisih gol yang bagus.

Hingga pekan ke-37, City sudah mencetak 75 gol dan hanya kemasukan 39 gol. Artinya, mereka punya selisih gol 36. Kalau akhirnya mereka kalah dan Arsenal ada di posisi kelima menang atas Everton, poin kedua klub akan sama-sama 75.

Tetapi, dengan selisih gol Arsenal saat ini yang hanya 31, secara otomatis mereka perlu menang besar dan City kalah telak. Kalkulasi sederhana agar Arsenal yang kini punya 72 poin lolos adalah, menang tiga gol atas Everton di Emirates Stadium dan City kalah dua gol atas Watford.

Kalau skor seperti ini terjadi, maka Arsenal akan lolos. Meski selisih gol sama-sama 34, Arsenal unggul jumlah gol. Mereka mencetak 77 gol. Peluang lolos juga tak kalah sulit saat Arsenal harus berebut satu posisi di empat besar dengan Liverpool di peringkat keempat dengan 73 poin.

Saat Arsenal harus bisa mengalahkan Everton yang jelas bukan lawan mudah, Liverpool juga harus kalah atau minimal imbang di pekan terakhir. Kalau Arsenal menang dan Liverpool imbang atau kalah, jelas pasukan Arsene Wenger yang akan lolos karena mereka punya poin 75.

Sebaliknya, Liverpool hanya 73 atau 74 jika imbang. Karena itu, Arsenal jelas tak boleh berharap terlalu banyak skenario ini akan terjadi karena Liverpool hanya akan menjamu klub yang sudah terdegradasi, Middlesbrough di Anfield.

Bagaimana jika Liverpool ternyata benar-benar kalah dan Arsenal hanya imbang menghadapi Everton yang membuat poin mereka akan sama-sama 73? Berdasarkan peraturan Premier League, Arsenal bisa lolos. Syaratnya mereka harus menang minimal dua gol atas Everton.

Kalau hanya unggul satu gol, dan Liverpool juga hanya kalah sebiji gol, posisi keempat dipastikan jadi milik anak asuh Juergen Klopp karena keunggulan selisih gol yakni 35 berbanding 34. Peluang yang sangat kecil itu tak membuat Arsenal patah semangat.

Usai dini hari kemarin menang 2-0 atas Sunderland lewat sepasang gol Alexis Sanchez, Wenger menegaskan ia dan anak asuhnya belum menyerah untuk finish di empat besar.

“Kami meraih 71 poin musim lalu dan finis kedua. Sekarang kami punya 72 dan kami ingin menjadikannya 75. Setelah itu Anda akan menghadapi apa yang terjadi. Kami sudah pernah menentukan banyak hal hingga pekan terakhir,” kata Wenger di BBC.

Sudah menjadi langganan Liga Champions dalam beberapa musim terakhir, kapten Arsenal, Laurent Koscienly berharap keajaiban akan terjadi.

“Peluang kami cukup kecil untuk finis di empat besar. Di sepak bola, Anda tidak pernah tahu, terutama di Inggris. Semua tim bisa menang melawan tim manapun dan kami pertama harus melakukan kewajiban kami dengan menang dan melihat hasil Liverpool dan City,” tegasnya di Goal.

Manchester City sendiri sudah sangat rileks. Setelah menang 3-1 atas West Bromwich Albion melalui gol Gabriel Jesus, Kevin de Bruyne dan Yaya Toure yang dibalas sekali oleh Hal Robson-Kanu, Manajer City, Pep Guardiola menegaskan kendali sepenuhnya di tangan mereka.

Malah, ia optimis finis di posisi ketiga dan meraih tiket fase grup Liga Champions. “Finis ketiga kini ada di tangan kami. Jadi itu yang terbaik. Untuk finis di depan Manchester United, Arsenal, Liverpool, itu berarti banyak. Mungkin musim depan kita bisa berbuat lebih baik,” kata Pep di BBC. (amr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid