Bupati Lombok Utara Serahkan Jadup untuk Warga Pemenang Timur

Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu menyerahkan jadup untuk warga Desa Pemenang Timur, Selasa (9/3/2021). (IST/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH menyerahkan jaminan hidup (jadup) untuk korban gempa 2018 di Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Selasa (9/3/2021).

Turut hadir mendampingi yakni Kadis Sosial PPA Faisol, Camat Pemenang Suhadman, dan Pimpinan Bank BNI Cabang Tanjung beserta Kepala Desa se-Kecamatan Pemenang.

Besaran jadup per KK berbeda-beda tergantung jumlah anggota keluarga. Per anggota keluarga mendapatkan Rp 10 ribu per hari untuk satu bulan atau total Rp 300 ribu per anggota keluarga. Jika di dalam KK ada 4 orang, maka Rp 300 ribu dikali 4. Itulah besaran jadup yang diterima di buku tabungan yang sudah dilengkapi kartu ATM itu.

Dalam sambutannya, Bupati Djohan mengatakan, akhirnya penantian panjang terhadap bantuan gempa 2018 berupa jadup dari pemerintah pusat bisa diberikan sekarang.

“Untuk dimaklumi keterlambatan ini, karena kondisi keuangan negara dan bukan hanya KLU saja yang terdampak, tetapi daerah lain di Indonesia. KLU baru bisa terealisasi pada tahun ke-3 setelah gempa. Oleh karena itu, terimalah secara ikhlas dan manfaatkan dengan baik. Adapun jumlah yang diterima satu bulan dengan jumlah bervariasi, mengacu pada banyaknya anggota keluarga,” tuturnya dalam rilis Humas Pro KLU yang diterima Radar Lombok.

Sementara itu, Kadis Sosial Faisol mengatakan, sebanyak 75.551 KK diusulkan menerima jadup. Tetapi untuk tahap pertama ini baru turun jadup untuk 37.501 KK.

“Untuk di Kecamatan Pemenang jumlah penerimanya berjumlah 6.280 KK. Hari ini kita serahkan untuk Desa Pemenang Timur 1.350 KK,” pungkasnya. (*/RL)