Bupati Lantik Ulang 103 Pejabat

LANTIK: Bupati KLU Djohan Sjamsu saat melantik pejabat JPTP, pejabat pengawas dan administrasi di aula RSUD KLU, Rabu (29/5). (DERY HARJAN/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Bupati KLU Djohan Sjamsu melantik ulang 103 pejabat yang pernah dilantik pada pada 22 Maret 2024. Pelantikan ulang digelar di aula RSUD KLU, Rabu (29/5).

Diketahui, pelantikan pada 22 Maret 2024 itu menyalahi UU Pilkada, di mana tidak boleh memutasi pejabat enam bulan sebelum penetapan pasangan calon kepala daerah.

Kemendagri menghitung, jika penetapan pasangan calon kepala daerah pada 22 September 2024, maka batas mutasi yakni 21 Maret 2024. Boleh melewati batas tanggal, tetapi harus ada izin Mendagri. Posisinya saat itu tidak ada izin dari Mendagri. Baru ada izin setelah ada dinamika keabsahan mutasi. Di mana pemda juga konsultasi ke Kemendagri.

Adapun 103 pejabat yang dilantik ulang ini di antaranya eselon II yakni Atmaja Gumbara yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas PUPR diangkat menjadi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra (Asisten I), Husnul Ahadi yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Gangga diangkat menjadi Asisten Administrasi Umum (Asisten III), serta Totok Surya Saputra yang sebelumnya Sekretaris Satpol PP kini menjadi Kasat Pol PP.

Selain itu juga Bupati melantik 15 pejabat Eselon IIIa: Raden Gabadi Kusuma yang sebelumnya Kabag Ekonomi kini sebagai Kabag Hukum Setda KLU, Laela Sukati yang sebelumnya Inspektur Pembantu IV kini sebagai Kabag Perekonomian Setda KLU, Chairil Furqan yang sebelumnya Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup kini sebagai Kabag Umum dan Keuangan pada Sekretariat DPRD KLU, Khairudin Nasir yang sebelumnya Kabid Pengendalian dan Evaluasi pada Badan Pendapatan Daerah kini Sekretaris Inspektorat KLU, I Dewa Gede Purwa yang sebelumnya Kabid Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup kini sebagai Sekretaris Lingkungan Hidup, Yuni Kurniati Maesarah yang sebelumnya Sekretaris Inspektorat kini sebagai Sekretaris Dinas Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan pemerintah desa (DP2KB PMD) Ali Imron yang sebelumnya Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kini sebagai Sekretaris Perhubungan, Gunadi yang sebelumnya sebagai Inspektur Pembantu III pada Inspektorat kini sebagai Sekretaris Kesbangpol, Vidi Eka Kusuma yang sebelumnya Kasi Pemerintahan pada Kantor Camat Gangga kini sebagai Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Mahzan Zohdi yang sebelumnya Kabid Prasarana pada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan kini sebagai Camat Gangga, Bambang Gunawan yang sebelumnya Kabid Bina Marga kini sebagai Sekretaris Dinas PUPR, dan Muh. Syihammudin yang sebelumnya Kabid Perhubungan Darat pada Dinas Perhubungan kini sebagai Sekretaris Sat Pol PP.

Baca Juga :  KPK Kembali Bertandang ke KLU
Baca Juga :  Danny-TGH Muchsin Bangun Komunikasi Jelang Pilkada KLU

Usai pelantikan, Bupati Djohan menyampaikan bahwa pelantikan dilakukan berdasarkan hasil konsultasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat di mana beberapa daerah mengalami peristiwa yang sama sehingga diperlukan pelantikan ulang.

Untuk itu terhadap pejabat yang telah dilantik, Djohan berpesan agar  dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Tingkatkan disiplinnya supaya percepatan pembangunan daerah bisa kita wujudkan. Masih banyak tantangan yang harus kita atasi dan antisipasi dalam rangka pembangunan KLU ke depan,” ucapnya.

Beberapa di antaranya kata Djohan adalah jalan antardesa masih banyak yang perlu perbaikan. Kemudian pendapatan asli daerah (PAD) juga masih perlu peningkatan. Saat ini angkanya di atas Rp 200 miliar lebih. “Ini yang perlu ditingkatkan terus supaya kemampuan daerah dalam membangun ke depan lebih meningkat lagi,” pungkasnya. (der)

Komentar Anda