Bupati KLU Hentikan Sementara Uji Coba Penyeberangan Gili-Bali Melalui Bangsal

Djohan Sjamsu (DERY HARJAN/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Kebijakan penyeberangan wisatawan dari Gili ke Bali yang harus melalui Pelabuhan Bangsal akhirnya dihentikan sementara.

Hal itu kata Bupati KLU Djohan Sjamsu sesuai hasil pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) KLU, pekan lalu. Ini juga dalam rangka menyukseskan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika dan G-20 di Bali. “Selepas WSBK dan G-20 nanti kita akan bertemu kembali untuk membahas hal ini,” ujarnya, Senin (7/11)

Bupati berharap, untuk saat ini jangan ribut-ribut dahulu, karena event internasional tengah berlangsung di Lombok dan Bali. Kemungkinan banyak yang akan berkunjung ke Gili. Nanti selepas WSBK dan G-20, pihaknya mempertimbangkan kembali uji coba kebijakan yang sebelumnya sempat berjalan ini. “Kita ingin pengertian semua pihak. Saya tidak ingin satu saja yang menonjol (kapal cepat). Sedangkan yang lain tidak,” ujarnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD KLU Didesak Kembalikan Kerugian Negara

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan KLU Wahyu Darmawan mengatakan, sekarang ini akan difokuskan untuk melakukan supervisi terkait kelayakan kapal yang dimiliki Koperasi Karya Bahari (KKB) dalam mengangkut wisatawan dari Gili-Bangsal sebelum menuju Bali menggunakan kapal cepat. Dalam hal ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan unit penyelenggara pelabuhan (UPP) Bangsal.

“Kita ingin mengetahui bahwa jika kapal itu dikatakan tidak layak lantas yang layak itu seperti apa? Kita ingin mengetahui standarisasinya. Kemudian kita juga ingin tahu SOP-nya seperti apa,” bebernya.

Baca Juga :  BPKP Atensi Mangkraknya Gedung Tsunami

Untuk penyeberangan kapal cepat dari Bali kata Wahyu saat ini hanya boleh melalui Pelabuhan Bangsal atau Dermaga Gili Trawangan. Artinya wisatawan yang ada di Gili Meno dan Gili Air yang ingin balik ke Bali menggunakan kapal cepat, itu bisa memilih melalui Bangsal atau Gili Trawangan. “Untuk menuju ke Pelabuhan Bangsal atau Gili Trawangan itu tetap diangkut oleh KKB,” bebernya. (der)

Komentar Anda