Bupati KLU Gelar Mutasi, 14 Eselon II Didominasi Wajah Baru

DISUMPAH: Bupati KLU Djohan Sjamsu membacakan sumpah jabatan 140 pejabat yang ikut mutasi kedua, Jumat (17/12). (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Bupati KLU Djohan Sjamsu melaksanakan mutasi kedua secara besar-besaran menjelang berakhirnya tahun anggaran 2021, Jumat (17/12) kemarin.

Jumlah pejabat yang dimutasi sebanyak 140 orang yang terdiri dari pejabat eselon II 14 orang, eselon III 41 orang, eselon III 85 orang. Dari ratusan pejabat tersebut sebagian besar mendapatkan promosi jabatan dan sisanya pegeseran biasa. Tidak ada yang dinonjobkan seperti halnya mutasi 1 September lalu.

Adapun pada mutasi kali ini, pejabat eselon II didominasi wajah baru. Mereka yang nonjob dan sempat mengikuti seleksi lagi, nyaris tidak ada yang mengisi jabatan eselon II, kecuali Hermanto mantan Kepala Bapenda.

Berikut formasi 14 pejabat eselon II hasil seleksi terbuka itu: Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Ainal Yakin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Chairul Anwar, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parihin.

BACA JUGA :  Tidak Ada Insentif Nakes di KLU Tahun Ini

Selanjutnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) H Haris, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wahyu Darmawan, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Adnan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) H Suhardi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkespol) Muldani, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu dan Tenaga Kerja (DPMP2T dan Naker) Dende Dewi, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP2KBPMD) Hermanto, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tri Darma, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Rusdianto, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) dr. Abdul Kadir.

Mereka yang mengisi jabatan eselon II atau kepala OPD ini, rata-rata adalah sekretaris OPD tersebut. Berikut para pengganti mereka di jabatan sekretaris: Sekretaris BKPSDM Naspudin, Sekretaris Bangkespol Faisol, Sekretaris Bappeda Gatot Sugihartono, Sekretaris Dikes Shofan Ardianto, Sekretaris Diskominfo Anggariono, Sekretaris Dispar Ali Zulkarnain, Sekretaris Damkar Eddy Susanto, Sekretaris Dikbudpora Rusli Hamdi, Sekretaris DP2KBPMD Syahabuddin, Sekretaris Dishub Paturahman, Sekretaris Disnsos P3A Wardoyo, sementara sekretaris tiga jabatan lain sudah terisi sebelumnya yaitu DPMP2T dan Naker, Satpol PP, dan Dinas LH. “Laksanakanlah tanggung jawab dan tegakkan disiplin, pelajari tupoksi masing-masing sehingga nantinya bisa memahami apa yang dilakukan,” kata Bupati Djohan.

BACA JUGA :  Krisis Air Bersih, BPBD KLU Lelet Turunkan Bantuan

Total jumlah pejabat eselon III setara sekretaris dinas/kepala bagian/kepala bidang ini sebanyak 41 orang. Sedangkan eselon IV setara kepala seksi/kepala sub bagian sebanyak 85 orang. Dari 140 pejabat yang ikut mutasi kedua ini juga pernah sebagian ikut mutasi pertama. “Dari pejabat yang telah mengikuti mutasi akan tetap dilakukan evaluasi, maka bekerjalah untuk masyarakat,” tegas Bupati. (flo)