Bupati Buka Pekan Apresiasi Budaya Ke-7

TANJUNG-Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar,SH.MH bersama para asisten dan jajaran SKPD se-KLU menghadiri sekaligus membuka acara Pekan Apresiasi Budaya ke-7 di Kabupaten Lombok Utara, di lapangan Tioq Tata Tunaq Senin(25/07). Yang merupakan agenda tahunan untuk parade Budaya. Yang dihadiri oleh ribuan masyarakat  dengan pakaian adat masing-masing.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan”” saya berharap kegiatan pekan apresiasi budaya ini dapat dijadikan sebagai event tahunan dan menjadi  muara yang dapat menyuguhkan representasi dari pertumbuhan seni dan budaya yang ada di dayan gunung, disamping memberikan tempat strategis kepada ekspresi seni dan budaya yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat kabupaten yang kita cintai ini.

Selain itu, agar keragaman budaya lokal yang kita miliki tidak punah, tergerus, dan lekang oleh zaman, sehingga ikhtiar revitalisasi budaya lokal amat penting dilakukan di era globalisasi saat ini. betapa tidak, sebagaimana yang kita lihat dan saksikan bersama, bahwa di era globalisasi saat ini bangsa kita sedang menghadapi tantangan yang sangat berat, yaitu sedang diterpa krisis identitas yang maha hebat.” Katanya.

Bupati melanjutkan” disisi lain, dahsatnya penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai‐nilai budaya lokal sangat kuat mempengaruhi kehidupan masyarakat kita, sehingga fenomena ini berimplikasi terhadap perubahan pola pikir, pola sikap, maupun pola perilaku masyarakat kita yang pada saat ini   cenderung mengalami degradasi yang hebat.

Namun demikian, bukan berarti kita tidak membutuhkan informasi. dan bukan berarti pula kita tidak menginginkan masyarakat luar (manca negara) datang ke daerah kita. permasalahannya adalah bagaimana kita memfilter diri dan mampu memanfaatkan kedatangan mereka sebagai peluang” paparnya.

Di akhir sambutan bupati menegaskan” izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar‐ besarnya atas kerjasama dan apresiasi yang positif dari semua pihak yang telah berperan  serta dalam penyelenggaraan pekan apresiasi budaya ini. “Saya mengajak kepada seluruh masyarakat  lombok utara untuk mengunjungi pekan apresiasi budaya ini. jadikanlah  waktu luang anda semua untuk mengunjungi, mengapresiasi dan menikmati karya seni dan budaya lombok utara supaya kita mengenal seni dan budaya kita sendiri.” Pungkasnya.

Sementara itu ketua panitia Kadis Dikpora KLU, Suhrawardi,M.Pd mengatakan” acara ini adalah merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan di Kabupaten Lombok Utara dan diikuti olkeh seluruh lapisan masyarakat, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa dan  masyarakat se-KLU. Dengan menampilkan beragam  pakaian adat dan juga tradisi serta budaya mereka masing-masing.” Katanya.

Suhrawardi juga mengatakan” pagelaran pekan apresiasi budaya ini pada  prinsipnya merupakan pemberian penghargaan dan ruang yang luas kepada pelbagai pranata dan perkakas budaya yang di bumi tioq tata tunaq agar ikut serta secara aktif dalam mensosialisasikan beragam nilai, norma, dan kearifan yang terdapat di dalam kebudayaan itu sendiri kepada masyarakat luas, tidak saja kepada masyarakat lombok utara, namun juga kepada masyarakat luar daerah dan bahkan masyarakat internasional.” Ungkapnya. (agus humas)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid