Bupati : Baznas Jangan Hanya Andalkan ASN

SERAHKAN: Baznas Lotim saat menerima zakat dari Bupati Lotim dan pejabat lingkup Pemkab Lotim belum lama ini. (Dok/Radar Lombok )

SELONG – Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy,  mengingatkan Baznas bahwa dalam mengumpulkan  zakat infaq dan sadaqah (ZIS) agar tidak hanya mengandalkan ASN. Mengingatkan banyak masyarakat memiliki kondisi keuangan lebih dan potensial sebagai muzakki. Masih banyak masyarakat yang punya potensi berzakat di Kabupaten Lotim ini yang perlu digali lebih lanjut oleh Baznas. Terlebih sudah ada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing kecamatan. “Keberadaan UPZ dapat menyosialisasikan kewajiban zakat dan menghimpun zakat dari para muzakki (orang-orang yang berkecukupan) di masing-masing kecamatan,” ungkap Sukiman kemarin.

BACA JUGA :  Diikuti Peserta dari 25 Negara, Event Rinjani 100 Siap Digelar

Bahkan beberapa hari lalu Bupati Lotim dan  para  pejabat eselon II dan III  lingkup Pemkab Lotim menyalurkan ZIS  ke Baznas. Sukiman pun  mengapresiasi upaya Baznas mengumpulkan ZIS yang berasal dari ASN, khususnya  dari para pejabat. Kata dia, seperti ini harus menjadi tradisi tiap tahun di lingkup Pemkab Lotim. “ Kegiatan ini merupakan bagian wujud kesadaran menjalankan perintah Allah SWT. Karena itu kita meminta dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Siapa pun yang menjadi pengurus  Baznas untuk  mengingatkan bahwa acara ini adalah program yang baik untuk saling mengingatkan tentang kewajiban kita menjalankan perintah Allah,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Habib Salim Hadiahi Warga Rumah Layak Huni

Untuk mewujudkan semua itu diperlukan sinergisitas semua pihak . Karena itu dukungan seluruh jajaran OPD supaya membayarkan zakat, infaq, shadaqah melalui Baznas juga dibutuhkan. Hal tersebut juga guna menepis anggapan ZIS yang diserahkan melalui Baznas tidak mencapai sasaran.“ Terutama supaya lebih menggencarkan sosialisasi  dan jalin  kerjasama dengan pengurus masjid, kepala desa, camat, atau dewan masjid supaya potensi zakat menjadi berkembang,” tandas Sukiman.(lie)