Bupati Apresiasi Kinerja Agro Selaparang

PRODUKSI: Usaha air dalam kemasan “Asel” yang merupakan salah satu usaha yang dikelola oleh BUMD Lotim. (Dok/Radar Lombok)

SELONG- Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Lombok Timur makin menunjukkan tren yang positif, termasuk PD Agro Selaparang. Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy, memberikan apresiasi atas kinerja maksimal yang ditunjuk oleh perusahaan daerah ini.

Berbagai jenis usaha yang digarap oleh Agro semakin berkembang. Begitu halnya juga dengan jalinan kerjasama.”Saya berikan apresiasi kinerja baik yang ditunjukkan jajaran direksi Agro Selaparang. Terlebih perusahaan ini juga telah bisa memberikan sumbangsih keuntungan sampai ratusan juta,” ungkap Sukiman.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tak sedikit perusahaan kesulitan untuk mencari keuntungan. Namun hal tersebut tidak dialami oleh Agro dan beberapa perusahan daerah lainnya. Sukiman terus mendorong perusahaan daerah untuk bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah. “Terutama usaha pakan ternak, pupuk dan es batu akan bisa terus dikembangkan oleh Agro,” harapnya.

Selain itu bupati juga menyinggung soal penggunaan kayu sebagai bahan bakar omprongan tembakau. Bupati menginginkan agar penggunaan kayu dikurangi dan petani tembakau diarahkan untuk menggunakan bahan bakar solar. Tapi yang menjadi kendala kata dia, keterbatasan anggaran. Sehingga untuk sementara petani tembakau lebih diarahkan untuk menggunakan cangkang sawit dan kemiri. “Dari itu kita minta supaya Agro juga bisa menjalin kerjasama dengan daerah penghasil kemiri dan cangkang sawit untuk memenuhi kebutuhan bakar omprongan petani tembakau,” pintanya.

Begitu halnya dengan usaha pupuk, pakan ayam dan es batu yang dikelola oleh Agro. Jajaran direksi di perushaan ini juga diminta supaya bisa lebih bekerja keras dan berinovasi memajukan usaha tersebut. Termasuk memperluas pangsa pasar.” Untuk menjalin kerjasama juga dibutuhkan koordinasi yang baik dengan semua OPD dan instansi terkait. Saya juga berencana akan kumpulkan mereka,” tandas Sukiman.(lie)